Kamis, 2 Desember 21

Hillary Alpa Bangun Hubungan Batin dengan Rakyat

Hillary Alpa Bangun Hubungan Batin dengan Rakyat
* Pengkaji geopolitik dari Global Future Institute, Hendrajit.

Jakarta, Obsessionnews.com – Kejutan terjadi dalam Pilpres Amerika Serikat (AS) pada Selasa (8/11/2016). Di luar dugaan capres yang diusung Partai Republik, Donald Trump, menang telak atas lawannya yang diusung Partai Demokrat. Hillary Clinton.

Pengkaji geopolitik dari Global Future Institute, Hendrajit, menilai style kampanye Hillary dan Trump, persis kayak kampanye Al Gore versus George Bush pada 2000 lalu. Dan kekalahan Al Gore dan Hillary sepertinya sama. Karena gaya kampanye keduanya itu penuh dengan konsep, ide, agenda, semuanya ingin digoreng menjadi satu. Sehingga melupakan aspek terpenting ari kampanye itu, membangun keterhubungan batin antara pemimpin dan rakyatnya.

“Secara psikologis All Gore dan Hillary alpa dalam membangun keterhubungan itu,” kata Hendrajit dalam keterangan tertulisnya, Kamis (10/11).

Menurutnya, George W Bush dan Trump, meski keduanya beda gaya, tapi menganut pakem yang sama. Munculkan dirinya apa adanya dan aslinya, dan untuk selebihnya poles itu jadi sebuah kekuatan.Kalaupun itu dianggap jadi titik lemahnya, ya tidak apa-apa.

“Nah, di sinilah kemudian masyarakat pemilih AS yang pada dasarnya swing voters alias para pemilih di detik detik terakhir, secara intuitif memilih calon presiden yang dengan segala kekuatan dan kelebihannya, yang jujur dan apa adanya dirinya,” tutur Hendrajit.

Ia menambahkan, orang-orang awam AS memandang gestur Hillary terkesan diburu-buru waktu untuk menjadi presiden. Trump, karena lebih menguasai atmosfer dunia hiburan dan selebiritis, menikmati show itu seakan ini sebuah reality show,persis acara yang dia asuh, The Apprentice.

Sedangkan Hillary, kata Hendrajit, kalau istilah orang Jawa, terkesan kemrungsung. Dan orang orang awam AS yang sejatinya senang yang relaks dan kongkow-kongkow, Hillary seakan memancarkan gaya hidup orang kota besar seperti New York, Washington dan California, yang serba sibuk dan asyik dengan dunianya sendiri. (@arif_rhakim)

Baca Juga:

DPR: Kebijakan Ekonomi Trump Membahayakan!

Dipimpin Trump Pengaruh AS Akan Merosot di Dunia Islam

Siapa yang Pilih Trump sebagai Presiden AS ?

Janji Trump Tambah Anggaran Belanja, Dorong Rally Harga Logam

 

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.