Jumat, 26 April 24

Higuain Pimpin Juve Hantam AS Monaco

Higuain Pimpin Juve Hantam AS Monaco
* Gonzalo Higuain berselebrasi usai cetak gol ke gawang AS Monaco, Kamis (4/5/2017). Foto: Getty Images.

Obsessionnews.com – Striker Juventus, Gonzalo Higuain, mencetak brace untuk menghantam AS Monaco tanpa balasan gol. I Bianconeri pun sukses melalui hadangan tuan rumah di leg 1 semi-final Liga Champions Eropa yang digelar di Stade Louis II, Kamis dini hari WIB (4/5/2017).

Higuain pantas berterima kasih kepada seluruh rekannya yang bermain kompak sebagai tim. Bilkhusus, bek sayap Dani Alves yang pergerakannya kerap membuat repot barisan pertahanan lawan. Karena assist eks Barcelona pula Higuain bisa melesakkan dwi golnya ke gawang Danijel Subasic.

Kedua tim langsung bermain terbuka sejak peluit tanda kick off dibunyikan wasit Antonio Miguel Mateu Lahoz. Meski berstatus tamu, nyatanya Juventus tidak canggung untuk mendominasi lini tengah di awal-awal babak pertama. Peran Sami Khedira yang absen karena akumulasi kartu, dapat dijalankan Claudio Marchisio dengan apik.

Skema 4-2-3-1 yang diterapkan allenatore Massimiliano Allegri berjalan baik dengan menempatkan Alves sebagai winger. Pemain internasional Brasil itu tampak menonjol dalam pergerakannya mengobrak-abrik pertahanan lawan. Tercatat ada dua peluang yang dikreasikan Alves di 10 menit pertama, meski tak berbuah gol.

Pasukan Leonardo Jardim bukan tak memiliki peluang. Beberapa aksi striker muda, Kylian Mbappe, bahkan kerap kali merepotkan Gianluigi Buffon. Penjaga gawang termahal dunia itu dibuatnya pontang-panting menyelamatkan gawangnya dari amukan rising star Prancis tersebut.

Kematangan dan pengalaman tim menjadi pembeda di laga ini. Pada menit ke-29, publik Stade Louis II hening setelah Higuain mengoyak jala Subasic. Memanfaatkan umpan Alves, duet Lionel Messi di timnas Argentina itu melepaskan tendangan mendatar yang tak bisa dijangkau Subasic.

Peluang menggandakan keunggulan juga dimiliki Paulo Dybala di menit ke-38. Sayangnya, tendangan bebas wonderkid Juventus itu dari jarak sekitar 28 meter bisa diamankan Subasic. Keunggulan satu gol pun bertahan hingga turun minum.

Usai jeda, tuan rumah langsung mengambil inisiatif untuk melakukan serangan. Pergerakan bola dikuasai Bernardo Silva dkk dengan menekan Juventus dari berbagai sisi. Hasilnya, sebuah percobaan tendangan jarak dekat dilakukan Radamel Falcao untuk memaksimalkan umpan terobosan Silva yang sayangnya masih belum menemui sasaran.

Di paruh kedua laga ini jual-beli serangan semakin sering terjadi. Di antaranya didapat Claudio Marchisio pada menit ke-56 yang sukses mencuri bola dari Tiemoue Bakayoko. Sayang, tendangan pemain yang kerap dijuluki ‘Pangeran Turin’ ini masih bisa dimentahkan Subasic.

Pada menit ke-59, Bakayoko yang kembali membuat kesalahan harus membayar mahal keteledorannya. Alves yang bergerak di sisi kanan Juventus berhasil mencuri bola dari Bakayoko dan memberikan umpan lambung untuk diselesaikan Higuain dengan baik. Juventus pun menggandakan keunggulan menjadi 2-0.

Setelah gol tersebut, Monaco terlecut untuk mengejar defisit. Jardim memasukkan Joao Moutinho dan Valere Germain untuk menambah daya gedor. Sementara Allegri bersikap sebaliknya, menerapkan skema bertahan dengan memasukkan gelandang jangkar Tomas Rincon dan Mario Lemina.

Dengan strategi tersebut, pertahanan Juventus semakin sulit ditembus. La Vecchia Signora pada akhirnya pulang ke Turin dengan meraup kemenangan penting, mencetak dua gol sekaligus clean sheet.

Susunan pemain:

AS Monaco: Subasic; Fabinho, Glik, Jemerson, Sidibe; Dirar, Bernardo Silva (Toure, 81′), Bakayoko (Mourinho, 66′), Lemar (Germain, 66′); Falcao, Mbappe.

Juventus: Buffon; Barzagli, Bonucci, Chiellini; Dani Alves, Marchisio (Rincon, 81′), Pjanic (Lemina, 89′), Alex Sandro; Dybala, Higuain (Cuadrado, 77′), Mandzukic.

(Fath)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.