Senin, 27 September 21

Hermawan Kertajaya: Banyak Orang Salah Paham Tentang Marketing

Hermawan Kertajaya (ist).

Rapiudin
Jakarta– Pakar marketing Hermawan Kertajaya mengatakan, banyak orang salah memahami tentang marketing.  Marketing hanya dianggap menjual barang semata dengan memasang iklan dan diskon.

“Padahal, marketing bukan hanya itu, tetapi ada pada differensiasinya atau perbedaan dengan produk sejenis yang dipasarkan perusahaan lain. Setelah menciptkan produk yang berbeda baru kemudian memilih segmen sesuai dengan produk,” terangnya di Jakarta, Senin (8/7).

Menurut Hermawan, sebuah perusahaan harus mengetahui siapa kompetitornya, pelanggan (pembelinya) dan tantangan. Dengan demikian, sebuah perusahaan akan membuat sesuatu yang berbeda dengan produk perusahaan lain .

Intinya, kata Hermawan, dalam marketing itu ada 4 C (company, competitor, customer, dan changes), kemudian ke arah posisioting, differensiasi,  branding). Ternyata ini pun belum cukup, Hermawan kemudian memunculkan 9 elemen dasar dalam pemasaran. Sembilan 9 elemen marketing: Segmentation, targeting, positioning),  Differentiation, marketing mix, selling (tactic), brand, service, process (value).

“Itulah yang mebuat saya jadi unik sekarang. Karena saya punya teori sendiri,” ujarnya.

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.