Jumat, 3 Februari 23

Hermawan Kartajaya Tekankan Perlunya Harmonisasi Antar Negara ASEAN

Hermawan Kartajaya Tekankan Perlunya Harmonisasi Antar Negara ASEAN
* Founder dan Chairman MarkPlus Corp Hermawan Kartajaya. (Foto: Markplus)

Obsessionnews.com – ASEAN Marketing Summit (AMS) 2022 ke-8 menjadi pembuka giat tahunan MarkPlus Conference 2023, pada Rabu (7/12/2022).

AMS merupakan acara tahunan hasil kolaborasi MarkPlus Corp dengan Philip Kotler Center for ASEAN Marketing. Sejak pertama kali digelar pada tahun 2015, banyak pembicara dari berbagai negara di ASEAN membahas dinamika pemasaran dunia.

AMF – ASEAN Caucus Declaration 2022 membuka sesi hari pertama MarkPlus Conference 2023 yang dihadiri oleh lebih dari 1000 peserta secara virtual. Hal ini sejalan dengan momentum Indonesia yang baru saja menjadi tuan rumah bagi forum kerjasama multilateral G20, hingga terpilihnya Indonesia sebagai ketua presidensi ASEAN di 2023 mendatang.

Melalui deklarasi ini, ASEAN Marketing Caucus berkomitmen untuk mendorong penyelesaian secara damai dalam menghadapi potensi konflik bisnis ASEAN hingga berkolaborasi membangun platform di mana komunitas ASEAN dapat bertukar pengetahuan mengenai tren bisnis dan sejalan dengan prinsip-prinsip sustainability bersama Profesional Pemasaran

Permanent Chairman of AMF-ASEAN Caucus pada AMF – ASEAN Caucus Declaration 2022 Roger Wang membeberkan isu pemulihan pasar dunia.

“Dalam menghadapi pandemi Covid-19, beberapa isu yang dapat disorot di masa pemulihan yakni manajemen rantai pasokan, keberlanjutan, migrasi tenaga kerja, dan pertukaran ilmu pengetahuan untuk kemajuan UMKM,” ujar Roger.

Inflasi dunia yang berdampak pada keempat isu tersebut, mendorong Founder dan Chairman MarkPlus Corp Hermawan Kartajaya untuk mengingatkan pentingnya investasi perusahaan dalam jangka panjang.

“Sekarang saatnya mempersiapkan reformasi dan kebangkitan Asia, perusahaan Anda, dan diri sendiri. Di era pemulihan yang disebut dengan Post-Normal, perusahaan perlu mengintegrasikan offline dan online menjadi OMNI.” ujarnya.

Hermawan juga menyinggung FIFA World Cup 2022. Dia mengatakan, walau tidak masuk dalam babak delapan besar, Jepang dan Korea Selatan tetap menekankan sifat rendah hati. Penggemar Jepang membersihkan semua area tempat duduk, hanya Jepang yang melakukannya.

“Hal ini mendorong Indonesia untuk dapat meningkatkan harmonisasi dan mengajak seluruh anggota ASEAN menjadi episentrum pertumbuhan,” ucap Hermawan.

Menutup sesi ini, Hermawan kembali membangkitkan semangat Recovery to Reform. Ia menyatakan, untuk sukses di tahun 2023 mendatang, Anda harus menjadi inovator yang kreatif, pemimpin yang berjiwa wirausaha, serta menjadi manajer yang profesional dengan peningkatan produktivitas.

“Selain itu, manusia dan teknologi harus saling melengkapi dan terintegrasi.” jelas Hermawan. (Poy)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.