Rabu, 8 Desember 21

Hengkangnya Inggris Dari Uni Eropa Ditanggapi Obama

Hengkangnya Inggris Dari Uni Eropa Ditanggapi Obama

Washington – Presiden AS Barack Obama mengatakan AS dan Inggris akan bekerja sama untuk memastikan agar sebisa mungkin kasus hengkangnya Inggris dari UE tidak akan berdampak pada ketidakstabilan keuangan.

Obama juga meyakinkan bahwa baik Inggris maupun Uni Eropa merupakan mitra yang sangat diperlukan bagi AS.

“Inggris dan Uni Eropa tetap akan bermitra dan saling diperlukan bagi Amerika Serikat,” kata Obama seperti dilansir BBC.

Menurutnya, dia sudah berbicara dengan Cameron dan menghormati keputusan hasil referendum yang memutuskan Inggris keluar dari Uni Eropa.

“Kami yakin mereka akan mulai melakukan negosiasi yang berkelanjutan demi memastikan masalah keamanan, kesejahteraan bagi eropa, Inggris, dan Irlandia Utara,” ujar Obama.

Merkel Menyesalkan
Sementara, Kanselir Jerman Angela Merkel mengatakan dirinya “sangat menyesalkan” keputusan Inggris keluar dari Uni Eropa. Dia mengatakan: “Ini merupakan pukulan terhadap Eropa dan proses penyatuan Eropa”.

Di tempat terpisah, Presiden Prancis Francois Hollande mengatakan hasil referendum di Inggris itu “tantangan serius buat Eropa”. Tetapi kemudian dia menyerukan agar Uni Eropa melakukan reformasi.

Perdana Menteri Italia, Matteo Renzi, yang akan bertemu Hollande pada Sabtu, mengatakan: “Eropa adalah rumah kami” dan menambahkan bahwa “rumah itu perlu direnovasi, agar lebih segar”.

Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan keputusan Inggris itu menunjukkan bahwa Inggris menunjukkan ketidaksenangan terhadap kehadiran imigran.

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengatakan keputusan Inggris keluar dari UE tidak terelakkan, dan menurutnya akan ada anggota lainnya akan keluar jika Uni Eropa tidak melakukan perubahan. (BBC)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.