Sabtu, 16 Oktober 21

Hebat! Golkar Tolak Syarat Calon Independen Diperberat

Hebat! Golkar Tolak Syarat Calon Independen Diperberat

Jakarta, Obsessionnews – Sekretaris Jenderal DPP Partai Golkar Idrus Marham mengatakan, pihaknya tidak setuju dengan wacana menaikan batas dukungan bagi calon kepala daerah independen. Menurutnya, calon independen bukanlah musuh yang harus ditakuti oleh partai politik.

“Harusnya, bagaimana revisi ini berorientasi tingkatkan kualitas. Jangan cegah orang per orang (untuk maju). Kita beri kesempatan siapa pun yang mau ikut. Jangan UU jadi instrumen cegah orang. Komitmen kita, Pilkada yang dilakukan harus makin berkualitas,” jelas Idrus Marham, di Jakarta, Rabu (16/3/2016).

Idrus menuturkan, semakin banyak calon independen, justru akan membuat partai politik semakin tertantang. Idrus tidak mau, bila wacana memperberat calon independen muncul, karena ketakutan parpol terhadap sosok Basuki T Purnama yang akan maju sebagai calon Gubernur DKI.

“Enggak masalah. Di UU ada (aturannya). Ini justru jadi tantangan bagi parpol,” katanya.

Sebelumnya, Komisi II DPR RI ingin memperberat syarat untuk calon independen yang akan maju dalam pemilihan kepala daerah serentak 2017 mendatang, melalui revisi UU Pilkada.

Saat ini, ada dua model yang diwacanakan. Pertama, syarat dukungan adalah 10-15 persen dari daftar pemilih tetap atau yang kedua 15-20 persen dari daftar pemilih tetap.‎ (Albar)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.