Rabu, 20 November 19

Hebat! Empat BUMN Ini Masuk Daftar Perusahaan Publik Terbesar Dunia 2019

Hebat! Empat BUMN Ini Masuk Daftar Perusahaan Publik Terbesar Dunia 2019
* Empat badan usaha milik negara (BUMN), yakni Bank Rakyat Indonesia (BRI), Bank Mandiri, Telekomunikasi Indonesia (Telkom), dan Bank Negara Indonesia (BNI) masuk daftar Perusahaan Publik Terbesar Dunia pada 2019 versi majalah ekonomi asal Amerika Serikat, Forbes. (Foto: Kementerian BUMN)

Jakarta, Obsessionnews.com – Hebat! Empat badan usaha milik negara (BUMN) masuk daftar Perusahaan Publik Terbesar Dunia pada 2019 versi majalah ekonomi asal Amerika Serikat, Forbes.

Dikutip obsessionnews.com dari keterangan tertulis Kementerian BUMN kemarin, Jumat (14/6/2019), keempat BUMN tersebut yakni PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BRI), PT Bank Mandiri (Persero) Tbk, PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk (Telkom), dan PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BNI).

Forbes merilis daftar 2.000 perusahaan publik global terbesar di dunia pada 2019. Perusahaan-perusahaan yang dipilih Forbes ini tersebar di 61 negara. Penetapan kriteria perusahaan publik global terbesar tersebut mengacu pada ukuran kapitalisasi pasar, penjualan, laba, dan aset di 2018.
.m
Dalam daftar tersebut, BRI menempati posisi 363. Bank terbesar di Indonesia ini tercatat memiliki kapitalisasi pasar (market cap) USD 38,8 miliar.

Untuk Bank Mandiri masuk dalam posisi 481. Bank Mandiri mencatatkan pendapatan USD 8 miliar, dengan perolehan laba USD 1,8 miliar dan aset mencapai USD 83,6 miliar. Adapun nilai kapitalisasi pasarnya sebesar USD 25,9 miliar.

Telkom menempati posisi 747. Pendapatan perusahaan mencapai USD 9,4 miliar dengan perolehan laba USD 1,3 miliar dan aset USD 13,8 miliar. Nilai kapitalisasi pasar perusahaan dilaporkan mencapai USD 27,2 miliar.

Sedangkan BNI berada pada posisi 835. BNI menjadi bank BUMN ketiga yang masuk dalam daftar perusahaan publik terbesar di dunia. Pendapatan bank ini tercatat USD 4,9 miliar, dengan raihan laba USD 1,1 miliar. Adapun asetnya USD 56,2 miliar dengan nilai kapitalisasi pasar USD 13,1 miliar. (arh)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.