Selasa, 18 Juni 19

Hebat! Diplomat Cantik Indonesia Ini Marahi 6 Pemimpin Dunia

Hebat! Diplomat Cantik Indonesia Ini Marahi 6 Pemimpin Dunia
* Nara Masista Rakhmatia.

Jakarta, Obsessionnews.com – Nama Nara Masista Rakhmatia akhir-akhir ini menjadi perbincangan di kalangan netizen. Ia disebut sebagai ‘singa podium’ karena keberaniannya memarahi 6 emimpin di dunia dalam Sidang Umum Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) beberapa waktu lalu. Wow, hebat!

Berita tentang Nara menjadi trending topic di Indonesia versi mesin pencari Google Kamis (29/9/2016). Pantauan Obsessionnews.com di Google hari ini hingga pukul 14.15 WIB berita tersebut dicari lebih dari 20.000 kali.

 

Di Sidang Umum Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) beberapa waktu lalu Nara dengan berani memarahi pemimpin  6 negara, yakni  Presiden Nauru, Presiden Kepulauan Marshall, Perdana Menteri (PM) Kepulauan Solomon, PM Vanuatu,  PM Tuvalu, dan PM Tonga. Pasalnya, mereka mengecam terjadinya pelanggaran HAM di Papua dan Papua Barat. Mereka menyerukan kemerdekaan Papua.

Perdana Menteri Kepulauan Solomon, Manasye Sogavare, mengatakan, dugaan pelanggaran HAM di Provinsi Papua Barat terkait dengan keinginan daerah itu untuk merdeka.

diplomat1
Nara mahir berbahasa Inggris dan Mandarin.

“Pelanggaran HAM di Papua Barat dan upaya untuk menentukan diri sendiri di Papua Barat adalah dua sisi dari koin. Banyak laporan pelanggaran HAM di Papua Barat menunjukkan hubungan erat antara hak untuk menentukan nasib sendiri dengan terjadinya pelanggaran langsung terhadap hak asasi manusia oleh Indonesia dan upaya untuk meredakan segala bentuk oposisi,” kata Manasye.

Namun, argumen dari negara-negara kepulauan di Samudra Pasifik itu dibantah oleh Nara. Saat mendapat giliran berbicara, diplomat berusia 34 tahun ini  menyebut negara-negara kepulauan di Pasifik itu telah mengganggu kedaulatan nasional Indonesia.

“Laporan bermotif politik mereka dirancang untuk mendukung kelompok-kelompok separatis di Provinsi Papua Barat, yang telah secara konsisten terlibat menghasut kekacauan publik dan dalam melakukan serangan teroris bersenjata,” katanya.

Ia menambahkan, “Ini adalah bentuk pelanggaran kedaulatan dan integritas wilayah negara kami. Hal ini sangat disesalkan dan berbahaya bagi negara-negara ini untuk menyalahgunakan forum PBB, termasuk sidang pada Agustus ini.”

Ia mengungkapkan negara-negara tersebut menggunakan Majelis Umum PBB untuk memajukan agenda domestik mereka,  dan bagi beberapa negara menggunakan forum ini untuk mengalihkan perhatian dari masalah politik dan sosial di dalam negeri mereka sendiri.

Nara alumni FISIP Universitas Indonesia (UI) Jurusan Hubungan Internasional.  Dia pernah menjadi peneliti di CERIC (Center for Research on Inter-group Relations and Conflict Resolution) dan Center for East Asia Cooperation Studies.

Wajahnya yang tidak kalah cantik dengan artis film.
Wajahnya yang tidak kalah cantik dengan artis film.

Nara kemudian melanjutkan studinya di University of St. Andrews pada tahun 2009-2010 dan kemudian di Georgetown University pada tahun 2012.

Perhatiannya  banyak terfokus pada isu-isu seputar kesenian dan kebudayaan, anak-anak, hak sipil dan aksi sosial, pendidikan, HAM, politik, penanggulangan kemiskinan, layanan sosial dan gender empowerment.

Selain memiliki kompetensi dalam hubungan internasional dan diplomatik, Nara yang pernah bersekolah di SMA 70 Jakarta juga mahir dalam berbahasa Inggris dan Mandarin

Wajahnya yang tidak kalah cantik dengan artis film, sederet prestasinya dan pengalamnnya dan umurnya yang masih muda itu membuat banyak orang mengidolakannya.

Bahkan tidak sedikit netizen yang berkomentar,”Kalau cari istri yang seperti ini.” (@arif_rhakim)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.