Senin, 29 November 21

Hati-hati, Hubungan Seksual Tidak Selamanya Berakhir Nikmat

Hati-hati, Hubungan Seksual Tidak Selamanya Berakhir Nikmat
* Boyke Dian Nugraha.

Jakarta, Obsessionnews- Setiap manusia hakikatnya hidup berpasang-pasangan. Namun dalam dunia bebas terkadang manusia hilang kendali. Tak jarang di zaman modern ini banyak terjadi ketimpangan seksual. Tentunya ini sangat memperihatinkan kalau melakukan hubungan intim di luar nikah apalagi bergonta-ganti pasangan.  Dampaknya selain melanggar anjuran agama juga dapat menimbulkan penyakit yang mematikan.

Seks adalah kebutuhan biologis manusia. Namun kalau tidak hati-hati dalam melakukan seks maka akan mudah tertular penyakit kelamin. Menurut dokter Boyke Dian Nugraha penyakit yang ditularkan melalui hubungan seksual itu banyak dan dapat menimpa baik laki-laki maupun perempuan. (Baca Juga: Internet Dapat Pengaruhi Perkembangan Seksual Remaja)

“Biasanya hal itu terjadi pada pria maupun wanita yang tidak menyadari. Di samping kenikmatan seksual tersimpan potensi-potensi penyakit kelamin yang berbahaya, apalagi hubungan seks itu dilakukan bukan oleh suami istri,” ungkap Boyke seperti yang ditayangkan vidio.com.

Menurut Boyke, seseorang susah untuk mendeteksi apakah seorang perempuan terjangkit penyakit Human Immuno Deficiency (HIV) Acquired Immune Deficiency Syndrome (AIDS) atau gonore kencing nanah, atau pria yang baik-baik mengidam penyakit herpes atau sipilis. “Kita tidak pernah tahu. Olehnya itu penyakit kelamin bisa menyerang baik pria maupun wanita,” tuturnya.

Kata Boyke,  yang perlu diwaspadai pertama penyakit yang paling ditakuti di seluruh dunia yaitu HIV AIDS yang sampai saat ini belum ditemukan obatnya. Penyakit kelamin HIV AIDS bisa menular melalui hubungan seks sekitar 70%-80%, jarum suntik kisaran 20%-30%, serta melalui ibu terhadap janinya sekitar 5%.

“Celakanya kalau seseorang tertular HIV AIDS dia tidak menunjukkan gejala apa-apa. Berbeda dengan penyakit kelamin lain seperti gonore (kencing nanah). Kalau kencing nanah kelihatan nanahnya, tapi kalau HIV AIDS nggak menunjukkan gejala. Tiba-tiba 5 tahun atau 10 tahun dia menunjukkan gejala-gejala HIV AIDS dengan penurunan kekebalan tubuh,” jelasnya.

Sedangkan penyakit herpes menurut Boyke adalah virus yang tidak menyebabkan kematian,  namun parahnya virus tersebut tidak bisa dihilangkan dan terus berada dalam tubuh korban. “Virusnya itu akan terus berada di dalam tubuh tidak bisa sembuh-sembuh dan menyebabkan penderitaan berkepanjangan,” cetusnya.

Bukan hanya  itu,  penyakit kelamin lain yang dapat menyebabkan berbagai macam keluhan seperti sipilis atau raja singa yang dapat mengakibatkan bayi-bayi cacat, penyakit klamidia semacam gonore dapat menyebabkan kangker mulut rahim.

“Jadi kita tahu di balik kenikmatan seks tersimpan berbagai macam penyakit kelamin. Oleh karena itulah jangan sekali-kali melakukan hubungan seks dengan yang bukan pasangan resmi anda.  Kalau sampai terpepet pun gunakanlah pengaman, gunakanlah kondom, karena anda tidak tahu seberapa bahaya penyakit kelamin yang akan ditularkan pada anda,” sarannya. (Asma, @asmanurkaida)

 

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.