Jumat, 22 Oktober 21

Hasan Aminuddin Siap Berlaga di Pilkada Jatim

Hasan Aminuddin Siap Berlaga di Pilkada Jatim
* Ketua DPP Partai Nasdem Hasan Aminuddin. (Foto: Ali Usman/Obsessionnews.com)

Jakarta, Obsessionnews – Meski Pilkada Jawa Timur (Jatim) masih lama, yakni tahun 2018 mendatang, sejumlah tokoh telah mempersiapkan diri untuk mengikuti perhelatan politik lima tahun sekali itu. Salah seorang di antaranya adalah Hasan Aminuddin. Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Nasional Demokrat (Nasdem) ini berterus terang mengungkapkan keinginannya berlaga di Pilkada Jatim tersebut.

“Salah satu obsesi saya maju di Pilkada Jatim pada tahun 2018. Saya ingin membuat Jatim lebih baik lagi,” katanya kepada Obsessionnews.com di Jakarta, Selasa (15/3/2016).

Hasan, panggilan akrabnya, adalah anggota Komisi VIII DPR dari daerah pemilihan (dapil) Jatim II yang meliputi Kabupaten Pasuruan, Kota Pasuruan, Kabupaten Probolinggo, dan Kota Probolinggo ini.

Ia salah seorang tokoh yang cukup terkenal di Jatim. Pada Pemilu 2014 Hasan meraih 190.226 suara dan berhasil melenggang ke Senayan, sebutan populer untuk Gedung MPR/DPR di Senayan, Jakarta Pusat. Yang menarik, perolehan suaranya itu terbanyak di antara para calon anggota (caleg) Nasdem, dan menduduki peringkat ke-10 peraih suara terbanyak di antara para caleg lintas partai di tingkat nasional.

Pria kelahiran Probolinggo, 7 Januari 1965, ini mengawali karier politiknya di Partai Persatuan Pembangunan (PPP). Pada Pemilu 1992 Hasan terpilih menjadi anggota DPRD Kabupaten Probolinggo. Pada Pemilu 1997 lewat partai yang sama dia kembali menjadi anggota DPRD Kabupaten Probolinggo. Namun jabatan itu hanya setahun dipegangnya. Pada tahun 1998 ia mengundurkan diri dari PPP, lalu bergabung dengan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

Pada Pemilu 1999, pemilu pertama di era reformasi, lewat kendaraan PKB Hasan terpilih menjadi anggota DPRD Kabupaten Probolinggo. Bahkan menduduki kursi ketua DPRD dalam usia 34 tahun, dan merupakan ketua DPRD termuda di seluruh Indonesia.

Kariernya terus berkembang. Pada tahun 2003 Hasan terpilih menjadi Bupati Probolinggo periode 2003-2008. Ia terus mengukir cemerlang. Ia kembali terpilih menjadi orang nomor satu di Probolinggo tahun 2008 untuk masa bakti 2008-2013.

Selanjutnya istrinya, Tantrianna Sari, melanjutkan estafet kepemimpinannya. Secara meyakinkan Tantriana memenangkan Pilkada Kabupaten Probolinggo pada tahun 2013.

Hasan pernah menjadi Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PKB Jatim periode 2007-2009. Pada tahun 2010 ia dipercaya oleh Surya Paloh menjadi ketua organisasi kemasyarakatan (ormas) Nasdem. Ketika Nasdem berubah menjadi partai politik Hasan diberi jabatan sebagai ketua DPP Nasdem yang membidangi agama dan budaya periode 2013-2018.

Politisi yang ramah ini aktif turun ke lapangan untuk menyerap aspirasi rakyat. Kebiasaan ini dilakukannya sejak pertama kali menduduki kursi legislatif pada tahun 1992. Dewasa ini ia meningkatkan volume blusukannya ke pelosok-pelosok desa untuk menyosialisasikan pencalonannya sebagai gubernur Jatim pada 2018. (arh)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.