Jumat, 17 September 21

Hari Tanpa Rokok Sedunia, Mahasiswa Aksi Jalan Kaki

Hari Tanpa Rokok Sedunia, Mahasiswa Aksi Jalan Kaki

Padang, Obsessionnews – Bahaya rokok terhadap kesehatan sangat berseiko, tidak hanya bagi si perokok juga bagi di perokok pasif. Ancaman terhadap kesehatan bisa menyebabkan kanker. Malah bagi si perokok pasif bisa beresiko terhadap masalah jantung kanker dan resko kanker paru.

Aktivis mahasiswa dari Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Andalas (Unand) Padang, Sumatera Barat (Sumbar) menggelar aksi damai dengan berjalan kaki dalam rangka memperingati hari tanpa tembakau se dunia.

anti rokok2

Aksi jalan kaki sekitar 150 mahasiswa itu dimulai dari depan Fakultas Kedokteran Jati Jalan Perintis Kemerdekaan menuju Lapangan Imam Bonjol Padang melalui Jalan Abdul Muis, Jalan Sudirman, Jalan Baginda Aziz Chan terus ke Ruang Terbuka Hijau (RTH) Imam Bonjol Padang.

Gubernur Badang Eksekutif Mahasiswa (BEM) Farmasi Voni mengajak semua masyarakat supaya menjauhi rokok mengingat resiko yang ditimbulkan sangat berbahaya. Bahaya rokok terhadap kesehatan bisa, menyebabkan kanker.

“Bahaya rokok terhadap kanker sangat riskan, karena hampir 90 persen penyebab utamanya rokok,” kata Voni diselai-sela aksi long march, Minggu (31/5).

anti rokok3

Berdasarkan hasil penelitian, sebut Voni, terdapat sekitar 4.000 rancun dihisap dalam sebatang rokok dan rokok dapat membunuh hampir setengah pemakainya. Sedangkan, bagiq perokok pasif akan beresiko bermasalah jantung kanker dan resko kanker paru.

Meski sempat arus lalu lintas sempat terganggu, aksi jalan kaki yang mereka lakukan berjlangsung dengan tertib dan aman. (Musthafa Ritonga)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.