Selasa, 30 November 21

Hari Santri Harus Dibarengi SDM yang Kuat

Hari Santri Harus Dibarengi SDM yang Kuat

Jakarta, Obsessionnews – Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) versi Muktamar Surabaya, Romahurmuziy ‎(Romy) menyambut baik keputusan pemerintah yang menetapkan  22 Oktober sebagai Hari Santri Nasional.

Menurutnya, penetapan itu sebagai bentuk penghargaan terhadap kaum santri, dan penghormatan kepada seluruh ulama dan umat Islam di Indonesia, yang pernah ikut berjuang mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

Namun, ia meminta penetapan hari Santri Nasional juga harus dibarengi dengan peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia para santri. Santri tidak boleh identik dengan kampungan, yang tahunya hanya mengaji tapi buta akan perkembangan teknologi dan dunia informasi.

“Sambutan atas penetapan hari santri harus dibarengi dengan peningkatan kualitas SDM,” kata Romy sapaan akrab Romahurmuziy di DPR, Kamis (22/10/2015).

Anggota Komisi III DPR RI ini mengatakan, dengan penguatan SDM, maka santri kedepan dituntut membantu meningkatkan daya saing Indonesia yang kini berada di urutan 37 dunia. Sebab, penguasaan terhadap ilmu pengetahuan dan teknologi (Iptek) merupakan sebuah keharusan bagi kaum santri untuk menghadapi tantangan global.

Dalam konteks pemahaman keagamaan, tambahnya, kaum santri memiliki tanggungjawab mengimplementasikan konsep Islam rahmatan lil’alamin  untuk memerangi radikalisme agama yang belakangan ini justru mencoreng Islam.

Sehingga, penetapan hari santri seharusnya menjadi momentum kebangkitan kaum santri untuk meningkatkan kecintaan kepada NKRI dengan mengamalkan Islam rahmatan lil’alamin.

Romy juga meminta, santri masa kini harus lebih siap dan lebih aktif membangun bangsa dan memiliki daya saing di dunia global. “Penerapan Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) awal tahun 2016 menjadi ujian sesungguhnya bagi kalangan santri untuk bersaing di kawasan Asia Tenggara,” ujarnya. (Albar)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.