Kamis, 2 Mei 24

Hari Peringatan Tanpa Merokok

Hari Peringatan Tanpa Merokok
* Ilustrasi Pemunashan Batang Rokok (Foto: istimewa)

Obsessionews — Dunia memiliki satu hari tanpa asap rokok yang dinamakan Hari Tanpa Merokok. Bisa dibilang 13 Maret 2024 ini diperingati sebagai National No Smoking Day.

Merangkum berbagai sumber, Hari Tanpa Merokok dirayakan setiap hari Rabu kedua bulan Maret. Dan di tahun ini jatuh pada tanggal 13 Maret 2024.

Hari Tanpa Merokok ini awal mula ada di Republik Irlandia pada tahun 1984. Kala itu pada hari Rabu Abu, ketika pendeta meminta orang-orang untuk berhenti merokok pada masa Prapaskah.

Meski industri rokok masih berkembang pesat namun kampanye nasional Dilarang Merokok juga terus digaungkan. Kampanye salah satunya diselenggarakan oleh British Heart Foundation, yang anggotanya membuat frase pemasaran setiap tahun.

Merujuk National Today, Organisasi Kesehatan Dunia menyatakan tembakau membunuh hingga setengah dari penggunanya. Tepatnya, lebih dari 8 juta orang meninggal setiap tahunnya.

Lebih dari 7 juta kematian disebabkan oleh penggunaan tembakau secara langsung. Sementara sekitar 1,2 juta kematian disebabkan oleh paparan perokok pasif.

Oleh karena itu kebiasaan merokok harus dipikir ulang agar menyelamatkan diri sendiri, dan juga orang lain. Karena tanpa disadari rokok sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh. (HAS)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.