Kamis, 9 Februari 23

Hari Perempuan Internasional Penting Diperingati

Hari Perempuan Internasional Penting Diperingati
* International Women's Day (Dok. unwomen).

Jakarta, Obsessionnews.com – International Women’s Day (IWD) atau Hari Perempuan Internasional jatuh pada 8 Maret setiap tahun.

IWD merupakan hari yang sangat penting diperingati oleh seluruh wanita di dunia. Dihari tersebut para wanita tidak hanya merayakan prestasinya dalam kesetaraan gender, namun juga secara sosial, ekonomi, budaya, dan politik.

Di Afganistan, Cuba, Georgia, Laos, Rusia, Uganda, dan Vietnam IWD dijadikan hari libur nasional. Sedangakan di Cina, Madagaskar, dan Nepal hari libur hanya berlaku buat perempuan.

Selamat Hari Perempuan Internasional kepada ibu-ibu dan seluruh perempuan Indonesia yang saya banggakan dan hormati. Saatnya perempuan makin aktif berkarya dan bisa mendapatkan hak-haknya untuk kehidupan lebih tentram, makmur, dan kehidupan yang semakin berkeadilan –Jkw,” twitt Presiden Joko Widodo dalam akun @jokowi, Kamis (8/3/2018).

Sejak tahun 1977, peringatan tersebut diresmikan sebagai perayaan tahunan oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) untuk memperjuangkan hak perempuan dan perdamaian dunia.

Tahun ini United Nation (UN) Women, organisasi PBB yang berfokus pada pemberdayaan perempuan dan kesetaraan gender, mengangkat tema Time is Now: Rural and Urban Activists Transforming Women’s Lives. Tema ini berangkat dari gerakan global #TimesUp dan #MeToo yang mengangkat isu pelecehan seksual, upah setara, dan representasi politik perempuan.

Berita tentang International Women’s Day menjadi trending topic di mesin pencari Google. Pantauan Obsessionnews.com di Google Trends wilayah Indonesia, Jumat (9/3) hingga pukul 13.35 WIB, berita tersebut dicari lebih dari 100.000 kali. (Popi)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.