Jumat, 27 Mei 22

Hari Kartini, Seribu Wanita Kampanye Anti Narkoba

Hari Kartini, Seribu Wanita Kampanye Anti Narkoba
* Kaum wanita di Semarang berkampanye anti narkoba di Hari Kartini, Kamis (21/4/2016).

Semarang, Obsessionnews – Sosok Raden Ayu Kartini memang menjadi inspirasi bagi banyak wanita di seluruh Indonesia. Beribu cara menghormati perjuangannya dilakukan serentak oleh kaum hawa pada hari Kartini. Ada yang mengadakan upacara, ada pula yang menggelar seremonial unik seperti terlihat di Kota Semarang pada Kamis (21/4/2016) pagi ini.

Sebanyak seribu wanita nampak berjejer memutar Lapangan Pancasila Simpang Lima sembari membentangkan spanduk kampanye anti narkoba. Para wanita yang tergabung dalam Komunitas Perempuan Semarang tersebut merayakan Peringatan Hari Kartini dengan menggelar aksi himbauan penyalahgunaan narkoba.

Para Kartini-kartini modern ini berasal dari berbagai profesi. Mulai aparat Kepolisian, anggota TNI, ibu-ibu PKK sampai petugas kebersihan. Tak hanya sekedar membentangkan spanduk, mereka juga membagi-bagikan brosur dan bunga kepada pengendara kendaraan yang melintas. Sementara salah seorang wanita menyerukan kampanye anti narkoba menggunakan pembesar suara.

Kampanye anti narkoba di Hari Kartini di Semarang, Kamis (21/4/2016).

Inisiator acara, AKBP Ristiana Pasaribu mengatakan, pemilihan tema narkoba lantaran wanita di era sekarang tidak hanya bekerja di dapur saja. Wanita sudah seharusnya menjadi pelopor dalam melindungi bangsa Indonesia dari serangan narkoba, sebagaiamana diimpikan oleh Kartini.

“Penyalahgunaan narkoba yang saat ini sudah sangat darurat maka momentum ini kami manfaatkan untuk mengajak seluruh komunitas perempuan di Semarang untuk menjadi pelopor, menjadi perempuan sesuai cita-cita Kartini, putri-putri sejati, yang menyelamatkan dirinya, keluarganya dan bangsanya terhadap penyalahgunaan narkoba,” jelasnya di sela-sela acara.

Acara diikuti oleh Polrestabes Semarang yang mengajak serta berbagai komunitas perempuan se-antero Semarang. Menurutnya, saat ini penyalahgunaan narkoba di masyarakat sudah kian mengkhawatirkan. Wanita bisa berperan besar dalam mencegah barang berbahaya merusak generasi muda. Contohnya, turut serta mengkampanyekan dampak negatif penyalahgunaan narkoba.

“Bisa dengan aktif berkampanye di lingkungan sekitar. Atau dari diri sendiri menghindari narkoba,” tandasnya.

Aksi berlangsung sejak pukul enam hingga sembilan pagi. Beberapa warga nampak tertarik dan ikut bergabung. Acara juga melibatkan Pemerintah Kota Semarang dan dihadiri sejumlah pejabat, salah satunya Wakil Walikota Semarang, Hevearita Gunaryanti. (Yusuf IH, @HanggaraYusuf)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.