Sabtu, 20 April 24

Hari Kartini, Natasha Dematra Akan Luncurkan Film PLANET 50-50

Jakarta, Obsessionnews.com – Sutradara perempuan termuda di dunia oleh Royal World Records dan Museum Rekor Dunia Indonesia MURI, Natasha Dematra akan meluncurkan film dokumenter berjudul PLANET 50-50.

Film ini merupakan kampanye feminisme dan dukungan penuh kepada Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) yang meluncurkan gerakan “PLANET 50-50 by 2030: Step It Up for Gender Equality”.

Dalam keterangan tertulis yang diterima Obsessionnews, Minggu (15/4/2018) dijelaskan, film tersebut akan diluncurkan dalam rangka memperingati hari Kartini yang jatuh pada tanggal 21 April.

Menurut Direktur Eksekutif PBB Phumzile Mlambo-Ngcuka, gerakan Planet 50-50 merupakan gerakan untuk kesetaraan gender di mana pada tahun 2030, dunia akan menjadi tempat yang setara bagi wanita dan pria.

Ini berdasarkan fakta bahwa di dunia terlalu banyak wanita yang terkekang. Mereka hanya terfokus pada pekerjaan rumah tangga dan tidak mempunyai kesempatan yang sama dengan laki-laki.

PBB berharap agar kedepan anak perempuan dapat lebih fokus meniti berbagai macam karir dan dapat membuat pilihan mereka sendiri.

Tentunya salah satu cara melalui pengasuhan orang tua, kurikulum, pengaturan pendidikan, TV, iklan dan hiburan. Hal ini akan menjadi langkah untuk melindungi gadis-gadis muda dari praktik budaya yang berbahaya seperti pernikahan dini, kekerasan.

Natasha mengatakan, tercipta film ini atas panggilan jiwa. Hal tersebut karena melihat fakta bahwa di zaman modern seperti ini masih banyak orang yang percaya bahwa wanita merupakan mahluk hidup yang harus berada di bawah laki-laki dan tidak memiliki kesempatan yang sama.

Film ini mengambil tema isu hak-hak wanita seperti sunat perempuan, pernikahan anak, kekerasan kepada perempuan.

“Saya harap film ini dapat menjadi kampanye feminisme bahwa wanita dan pria merupakan makhluk yang setara,” tegas Natasha yang telah menerima penghargaan Kesetaraan Gender dari organisasi-organisasi dunia tersebut.

Dengan film ini anak Damien Dematra berharap dapat menginspirasi seluruh generasi terutama generasi muda dan generasi mendatang untuk mengajari anak, adik, dan sesama mereka akan dunia yang setara untuk kita semua.

Gadis yang telah menerima lebih dari 150 penghargaan tersebut menjelaskan bahwa film ini sendiri rencananya akan diluncurkan pada 16 April 2018 di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) dan akan dihadiri oleh raja-raja dan ratu Nusantara dan para Duta Besar.

Setelah itu PLANET 50-50 rencananya akan mengikuti berbagai kompetisi film internasional. (Popi)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.