Rabu, 20 Oktober 21

Hari Ini, Pertama Kali PRD Menggelar Kongres Terbuka

Hari Ini, Pertama Kali PRD Menggelar Kongres Terbuka

Jakarta, Obsessionnews – Partai Rakyat Demokratik (PRD) yang sebelumnya Persatuan Rakyat Demokratik, Selasa (24/3/2015) hari ini, menggelar Kongres ke-8 di Ballrom Hotel Acasia, Jakarta. Kongres PRD yang diketuai Agus Jabo Priyono periode 2010-2015 ini merupakan kongres pertama kali yang dilakukan secara terbuka atau terpublikasikan pasca reformasi.

Berdasarkan Informasi  yang didapatkan Obsessionnews.com   dari ketua panitia pelaksana Alif Kamal kongres akan dihadiri oleh peserta delegasi seluruh Indonesia. “Kegiatan ini pertama kali dilaksanakan secara terbuka dana  akan dihadiri oleh 470 delegasi dari 34 provinsi di Indonesia,” katanya.

Pelaksanaan Kongres ke-8 PRD ini  bertemakan “Membangun Indonesia yang Berdaulat, Berdikari, dan Berkepribadian (TRISAKTI) dengan Persatuan Nasional”

Meski PRD belum memiliki perwakilan di parlemen, namun perannya sejak Orde Baru sangat penting. Organisasi ini menyatakan diri sebagai partai tepatnya April 1996 dengan diprakarsai oleh sejumlah intelektual muda, termasuk ketua pertamanya Budiman Sudjatmiko.

PRD sempat dikambing hitamkan pada peristiwa 27 Juli 1996 (Kudatuli) yang notabene pengambilalihan secara paksa kantor DPP Partai Demokrasi Indonesia (PDI). PRD mendapat dukungan utama dari salah satu organisasi onderbouwnya yakni Solidaritas Mahasiswa Indonesia untuk Demokrasi (SMID).

Peristiwa kudatuli merupakan penyerbuan kantor PDI yang dulu dikuasai oleh pendukung Megawati Soekarnoputri  yang dilakukan pendukung Soerjadi  yang saat itu Ketua Umum versi Kongres PDI di Medan yang dibantu oleh rezim penguasa saat itu.

Berdasarkan peristiwa tersebut kerusuhan menyebar di wilayah Jakarta  khususnya di kawasan Jl Diponegoro, Salemba, Kramat. Atas  fenomena tersebut, para aktivis PRD dituduh sebagai penggerak kerusuhan. Hingga akhirnya pemerintahan Orde Baru memburu dan menjebloskan para aktivis PRD ke penjara hingga pimpinannya Budiaman Sudjatmiko dipenjara 13 tahun.

Menjelang runtuhnya Orde Baru 1998, satu orang anggotanya terbunuh dan beberapa yang lainnya mengalami penculikan dan hingga sampai sekarang tidak diketahui jejaknya. Sebagian diantaranya, termasuk penyair Wiji Thukul tidak diketahui nasibnya dan menjadi bagian dari sekian banyak orang hilang.

PRD yang sebelumnya dinyatakan terlarang dalam Orde Baru, pada pasca reformasi 1998 diakui dan turut serta menjadi peserta Pemilu 1999, dengan pimpinan yang masih di penjara. Saat ini PRD dipimpin Agus Jabo Priyono yang merupakan anggota pendiri dan salah satu pemimpin utama PRD pasca tertangkapnya Budiman Sudjatmiko 1996.

Tujuan PRD sendiri yaitu mewujudkan masyarakat adil dan makmur tanpa penindasan manusia atas manusia dan penindasan bangsa atas bangsa, dengan pokok perjuangan : Memimpin dan atau terlibat aktif dalam menuntaskan perjuangan demokrasi nasional, menggalang persatuan nasional melawan imperialisme, serta terlibat aktif dalam perjuangan anti korupsi. Meraka juga konsen dan aktif dalam mengadvokasi dan mengorganisasi petani dan buruh. (Asma)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.