Sabtu, 4 Desember 21

Hari Ini 168 WNI Korban Haji Ilegal Tiba di Tanah Air

Hari Ini 168 WNI Korban Haji Ilegal Tiba di Tanah Air
* Calon jamaah haji yang berangkat dari Filipina. (BBC)

Hangzhou, Obsessionnews.com – Setelah pertemuan antara perwakilan pemerintah Indonesia dan Filipina di Manila, akhirnya 168 dari 177 warga negara Indonesia (WNI) dapat dipulangkan ke Indonesia.

“Bahwa dari 177 WNI, 168 sudah dalam status sekarang per menit ini adalah ready to go status”, kata Menlu Retno di Hangzhou, Minggu (4/9/2016).

Terkait sisa sembilan WNI yang masih berada di Manila, Retno mengatakan masih harus ada informasi yang diperlukan oleh pihak Filipina dari sembilan WNI tersebut.

Proses pemulangan 168 WNI direncanakan siang ini menggunakan maskapai penerbangan Air Asia dari Manila menuju Jakarta via Makassar. Duta Besar RI di Manila akan mengawal langsung proses pemulangan tersebut.

110 calon jemaah haji akan turun di Makassar karena sebanyak 95 orang memang berasal dari Sulawesi dan 15 orang berasal dari Kalimantan Timur, selebihnya akan turun di Jakarta.

“Jadi dengan demikian penyelesaian masalah 177 WNI sebagian besar sudah dapat diselesaikan dengan kepulangan 168 WNI tersebut,” ujarnya.

“Setibanya mereka dari bandara Makassar dan nantinya tiba di Jakarta, mereka langsung diserahterimakan kepada pemda setempat,” tambah Retno.

Sebelumnya, 177 WNI ditahan oleh pihak imigrasi Bandara Internasional Manila karena menggunakan paspor Filipina. Paspor tersebut diperoleh dengan cara yang ilegal. (Has)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.