Kamis, 21 Oktober 21

Harga Saham Cina Turun 8,5% Dalam Sehari

Harga Saham Cina Turun 8,5% Dalam Sehari
* Tingkat penurunan di Bursa Shanghai Cina yang terburuk dalam satu hari sejak Februari 2007. (bbc.co.uk)

Beijing – Harga saham-saham di Cina mencatat tingkat penurunan terbesar dalam satu hari selama lebih dari delapan tahun belakangan.

Indeks Gabungan Bursa Shanghai ditutup dengan penurunan 8,5% pada posisi 3.725,56 setelah munculnya data ekonomi yang lemah, yang meningkatkan keprihatinan atas kesehatan negara perekonomian terbesar kedua dunia itu.

Anjloknya indeks tersebut merupakan yang terburuk dalam waktu satu hari sejak Februari 2007.
Sementara keuntungan dari sektor industri Cina turun 0,3% pada bulan Juni dibanding periode yang sama tahun lalu.

Penurunan harga saham yang besar ini menyusul data ekonomi yang dikeluarkan Jumat (24/07) yang memperlihatkan kegiatan pabrik pada Juli tampaknya merupakan yang paling lemah dalam waktu 15 bulan.

Para pengamat berpendapat langkah-langkah pemerintah untuk mendorong perekonomian antara lain menyebabkan kekhawatiran di kalangan para investor.

Bursa saham di Cina mendapat keuntungan dari serangkaian bantuan dari pemerintah dan otorita keuangan setelah kehilangan sepertiga nilainya selama tiga pekan sejak pertengahan Juni.

Sejak akhir Juni, pihak berwenang Cina antara lain memotong suku bunga, menunda penawaran perdana saham, dan mendorong para broker untuk membeli saham dengan bantuan uang dari bank sentral. (bbc.co.uk)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.