Sabtu, 18 September 21

Harga Ikan Tak Naik Selama Puasa Hingga Pasca Lebaran

Harga Ikan Tak Naik Selama Puasa Hingga Pasca Lebaran
* pasar ikan. (bibitikan.net)

Jakarta, Obsessionnews – Pasokan ikan pada bulan Ramadhan tahun ini jauh lebih baik ketimbang tahun lalu. Harga pun turun 10 hingga 15%.

Meningkatnya pasokan ikan, menurut Direktur Jenderal Pengolahan dan Pemasaran Hasil Perikanan (P2HP) Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) Saut P Hutagalung, lantaran hambatan yang terjadi tahun lalu seperti musim barat sehingga produksi menurun, bencana banjir yang mengganggu distribusi, serta wabah penyakit di waduk-waduk tak terjadi lagi.

“Tahun ini, sampai dengan minggu ke dua Juni adalah akhir musim barat. Dan pada dua minggu terakhir Ramadhan, sudah mulai melaut dan banjir tidak ada,” jelas Saut kepada wartawan di kantornya di Jakarta, Senin (6/7).

“Produksinya naik dan kendala berkurang, kesimpulan kita pasokan bulan Ramadhan ini jauh lebih baik ketimbang tahun lalu,” lanjutnya.

Selama periode Juni-Juli, Indonesia memerlukan pasokan ikan sebanyak 1,1 juta ton. Sementara stok diperkirakan bakal mencapai 1,25 juta ton.

Melimpahnya stok, tidak diimbangi dengan permintaan. Akhirnya, harga ikan yang diproduksi waduk turun sampai 15% ketimbang bulan Mei.

Turunnya harga, menurut Saut lantaran bulan Puasa tahun ini bersamaan dengan musim masuk sekolah. Akibatnya, pengeluaran lebih diprioritaskan pada biaya studi. Belum lagi, di hari-hari kemarin gaji ke 13 PNS dan militer belum dibayarkan termasuk tunjangan hari raya pegawai swasta.

“Jadi, pengeluaran bertambah sementara pemasukan belum datang. Maka permintaan atas ikan menurun,” kata Saut.

Saut juga memastikan, hingga setelah Lebaran nanti stok ikan bakal melimpah lantaran sampai H-7 Idul Fitri nelayan masih melaut.

“Ikan dibiarkan di kapal dan baru dibongkar setelah Lebaran,” kata dia.(Mahbub Junaidi)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.