Senin, 25 Oktober 21

Hanura Sebut Ahok Menginspirasi Daerah-daerah Lain

Hanura Sebut Ahok Menginspirasi Daerah-daerah Lain

Jakarta, Obsessionnews – Sekretaris Fraksi  Partai Hanura di DPR RI Dadang Rusdiana menilai, wacana memperberat syarat bagi calon independen untuk maju dalam Pilkada, tidak akan mempengaruhi langkah Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok maju sebagai Gubernur DKI Jakarta melalui jalur independen.

Jutsru kata dia, Ahok akan memberikan inspirasi bagi-bagi daerah lain, kalau berhasil memenangkan Pilgub DKI melalui jalur independen. Penambahan batas suara bagi calon independen yang tengah diwacanakan di Komisi II menjadi cambuk bagi Ahok.

“Ini kan Ahok Effect, partai khawatir kalau Ahok menang di DKI bisa menjadi pemicu, bisa menggelinding jadi bola salju ke daerah lain,” kata Dadang di DPR Rabu (16/3/2016).

Ia mempertanyakan mengapa syarat bagi calon independen diperberat. Meski menjadi kader Parpol ia tidak sependapat dengan wacana itu. Sebab, belum tentu calon yang diajukan dari partai itu lebih baik dari calon independen.

“Masyarakat sekarang lebih cerdas dan kritis, apakah semua calon independen itu bagus? Kan belum tentu juga,” tambah Ketua DPP Partai Hanura ini.

“Anggota DPR memang berasal dari parpol, tapi enggak boleh saling telikung. Ketika orang nonpartisan tidak ingin maju dari parpol harus diberikan peluang,” ucap Dadang menambahkan.

Sebelumnya, Komisi II DPR RI ingin memperberat syarat untuk calon independen yang akan maju dalam pemilihan kepala daerah serentak 2017 mendatang, melalui revisi UU Pilkada.

Saat ini, ada dua model yang diwacanakan. Pertama, syarat dukungan adalah 10-15 persen dari daftar pemilih tetap atau yang kedua 15-20 persen dari daftar pemilih tetap.‎ (Albar)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.