Senin, 20 September 21

Hanura Dorong DPR Segera Pemilihan Capim KPK

Hanura Dorong DPR Segera Pemilihan Capim KPK
* Syarifuddin Suding.

Jakarta,  Obsessionnews – Nasib ke-8 calon pimpinan (capim) Komisi Pemberantasan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang diserahkan Presiden Jokowi hingga saat ini masih belum jelas, apakah diterima oleh Komisi III atau ditolak.

Anggota Komisi III Fraksi Hanura DPR  Syarifuddin Suding berharap fit and proper test calon pimpinan capim KPK segera dilakukan. Hal itu demi menunjang kinerja KPK dalam memberantas korupsi.

“Kami (Hanura) medorong fit and proper test secepatnya. Itu kan berdasarkan amanah UU KPK Nomor 30 Tahun 2002,” kata Suding di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Senin (30/11/2015).

Politisi Partai Hanura ini berharap, setiap fraksi di Komisi III DPR segera menemui kesepakatan bersama untuk memutuskan pelaksanaan fit and proper test. Pasalnya, Pansel KPK sudah bekerja sesuai dengan intruksi dari Presiden Jokowi. ‎

Namun disisi lain, ada yang menilai capim KPK ini cacat secara hukum. Sebab, dari 8 capim yang lolos dari 9 Srikandi panitia seleksi (Pansel), tidak ada dari unsur kejaksaan. Padahal, UU KPK memerintahkan Pimpinan lembaga antirasuah tersebut harus ada dari unsur jaksa.

“Tapi selama sepekan ini mudah-mudahan tiap fraksi sudah memikirkan dengan matang. Kita lihat lah nanti di pleno lagi,” harap Sudding.
‎Komisi III DPR kembali menunda pengambilan keputusan tentang jadwal fit and proper test 8 calon pimpinan (capim) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Dalam rapat pada Rabu 25 November 2015 semalam, 10 fraksi di Komisi III sepakat menunda pengambilan keputusan hingga Senin (30/11/2015) sekarang.‎ (Albar)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.