Kamis, 29 Oktober 20

Hanafi Rais Mundur dari PAN, Ini yang Dilakukan Loyalisnya

Hanafi Rais Mundur dari PAN, Ini yang Dilakukan Loyalisnya
* Hanafi Rais. (Foto: pojoksatu.id)

Jakarta, Obsessionnews.comPutra sulung Amien Rais, yakni Hanafi Rais menyatakan mundur dari kepengurusan Partai Amanat Nasional (PAN).

Langkah pengunduran diri Hanafi dari posisinya sebagai Ketua Fraksi PAN di DPR itu diketahui dalam salinan surat pengunduran dirinya yang diketik dan ditandatangani oleh Hanafi di atas materai Rp6.000 yang diterima obsessionnews.com pada Selasa (5/5/2020).

“Saya menyatakan mengundurkan diri dari kepengurusan DPP PAN 2020-2025, dari Ketua Fraksi PAN DPR RI, dan dari anggota DPR RI Fraksi PAN 2019-2024,” ujar Hanafi lewat surat pengunduran dirinya.

Dalam surat tersebut, Hanafi menjelaskan bahwa PAN telah melewati Kongres V yang penuh kekerasan dan mencoreng wajah partai. Padahal, forum lima tahunan tersebut seharusnya menjadi momentum untuk memperbaiki partai.

“Saya menilai PAN melewatkan momentum di atas untuk memperbaiki diri lebih bijaksana dalam berorganisasi dan bersikap,” kata Hanafi.

Menurutnya, kecenderungan melakukan konformitas terhadap kekuasaan, bukanlah sikap yang adil. Padahal, banyak kader dan simpatisan menaruh harapan PAN menjadi antitesis dari pemegang kekuasaan.

Namun dalam surat tersebut, Hanafi tak menjelaskan secara jelas alasan pasti ia mundur dari PAN. Di akhir suratnya, ia hanya menyampaikan permintaan maaf atas segala kekurangannya.

“Hanya ridha Allah yang saya tuju. Mohon maaf lahir dan batin atas segala kekurangan saya. Semoga Allah mengampuni dosa dan kesalahan saya dan kita semua,” ujar Hanafi.

Sementara itu, Ketua DPW Partai Amanat Nasional (PAN) Sulawesi Barat Muhammad Asri Anas membenarkan pengunduran diri Hanafi dari kepengurusan partai dan anggota DPR. Dia pun menyatakan akan mengikuti jejak putra Amien Rais itu untuk mundur dari kepengurusan PAN.

“Saya sudah konfirmasi sama Hanafi, benar beliau mundur seperti di surat,” kata Asri seperti dikutip CNNIndonesia.

Dengan begitu, Asri sendiri juga mengaku akan mengundurkan diri dari Ketua DPW PAN Sulbar pada hari ini. Dia pun menyampaikan bahwa Amien Rais telah meminta sejumlah kader PAN untuk menggelar rapat lewat video conference pada hari ini.

“Kami diminta rapat Zoom dengan Amien Rais. Saya juga mau mengajukan pengunduran diri juga,” kata Asri.

Meski begitu, dua pengurus DPP PAN, Saleh Partaonan Daulay dan Yahdil Harahap mengaku belum mengetahui seputar pengunduran diri Hanafi.

Saleh meminta agar informasi tersebut dicek langsung ke Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan dan Sekjen DPP PAN Eddy Soeparno. “Tolong dicek ke Ketum atau Sekjen ya. Saya belum dapat info,” kata Saleh.

Sementara itu, Yahdil menambahkan bahwa surat pengunduran diri Hanafi itu baru beredar di media dan media sosial. Menurutnya, Hanafi belum pernah mengajukan pengunduran diri ke DPP PAN secara resmi.

“Baru beredar di media dan di medsos, secara resmi setahu saya belum pernah disampaikan ke DPP PAN,” ungkapnya.

Untuk diketahui, DPP PAN tengah menggelar Rapat Kerja Nasional (Rakernas) I pada hari ini secara daring. Sekjen DPP PAN Eddy Soeparno menyatakan forum tersebut akan membahas mengenai pelbagai isu nasional yang strategis dan santer dibicarakan belakangan ini.

Isu itu diantaranya terkait Perppu Nomor 1 Tahun 2020 tentang Kebijakan Keuangan Negara dan Stabilitas Sistem Keuangan Untuk Penanganan Pandemi Corona Virus Disease (Covid-19) dan terkait Omnibus Law RUU Cipta Kerja. (Poy)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.