Jumat, 19 April 24

Halalbihalal, Ini Wejangan Usamah Hisyam untuk Karyawannya dalam Bekerja

Halalbihalal, Ini Wejangan Usamah Hisyam untuk Karyawannya dalam Bekerja
* Owner Dharmapena Group Usamah Hisyam. (Foto: M Akbar H/obsessionnews)

Jakarta, obsessionnews.comDi bulan Ramadan lalu ada tradisi buka puasa bersama. Setelah hari raya Idulfitri, ada tradisi halalbihalal. Ya, setidaknya dalam sebulan ini, dipastikan akan disibukkan dengan acara halalbihalal.

Dari mulai halalbihalal di kompleks rumah tempat tinggal hingga halalbihalal di kantor. Memang tidak terlalu mengganggu eksistensi uang pribadi di dompet seperti halnya bukber, karena tradisi halalbihalal ini biasanya diinisiasi oleh instansi sebagai acara yang umum dilakukan di hari-hari bekerja.

Meski tak jarang pula ada komunitas atau kelompok kecil yang berinisiatif melakukan syawalan atau halalbihalal untuk kalangan sendiri sambil makan-makan. Kadang acara ini diadakan ala kadarnya, sekadar bersalam-salaman antar karyawan sebagai wujud kebersamaan.

Tetapi tak jarang pula diselenggarakan besar-besaran, terutama kalau diadakan oleh instansi ataupun perusahaan besar, sampai ada penganggaran khusus. Menarik juga ya, tradisi ini. Konon acara halalbihalal ini tidak ada di negara mana pun, negara muslim sekalipun dan hanya dikenal di Indonesia.

Seperti yang dilakukan oleh Dharmapena Group pada Kamis (27/5/2021). Mengadakan halalbihalal sesama karyawan dan pimpinan perusahaan. Halalbihalal yang diikuti kurang lebih 60 karyawan terlihat sederhana dan mengesankan.

Tak hanya melakukan halalbihalal, di acara tersebut seluruh karyawan juga mendapatkan wejangan dari owner Dharmapena Group Usamah Hisyam soal keikhlasan dalam bekerja.

Usamah menuturkan, banyak perusahaan di bidang media yang gulung tikar atau berguguran. Namun salah satu anak perusahaan dari Dharmenpa Group, yakni Obsession Media Group (OMG), sampai saat ini masih tetap bertahan. Hal itu menurut dia karena adanya pertolongan dari Allah SWT.

“Ini berkat karyawan yang sampai saat ini rajin beribadah dan berdoa, sehingga dapat pertolongan dari Allah,” ujar Usamah dalam sambutannya di acara halalbihalal tersebut.

Ia menambahkan, agar perusahaan ini terus berjalan meminta kepada karyawannya untuk terus beribadah, dan terus menghasilkan karya yang indah. “Untuk fotografer hasilkan foto yang indah, sedangkan untuk penulis hasilkan tulisan yang indah,” ucap Usamah yang juga Ketua Umum Persaudaraan Muslimin Indonesia (Parmusi).

Tak hanya itu, Usamah juga menyampaikan jadikan pekerjaan itu suatu ibadah. “Artinya, berangkat kerja dari rumah diniatkan ikhlas bekerja untuk keluarga, jadi jihad dalam bekerja,” ungkapnya.

Dengan begitu dia berharap kepada seluruh karyawannya untuk terus bekerja dengan sungguh-sungguh dan tidak ada hitung-hitungan dalam melakukan sebuah pekerjaan.

“Bekerja seperti gado-gado, semua harus bisa, kalau disuruh kerjain ini jangan mengeluh, kerjakan saja,” pungkas Usamah.

Halalbihalal di kantor Dharmapena Group di Jl Kedondong no 161, Jagakarsa, Jakarta Selatan, tersebut  dilaksanakan secara sederhana. Tentunya dengan mengikuti protokol kesehatan. Setelah acara acara halalbihalal, seluruh pimpinan dan karyawan mengicipi makanan khas hari lebaran, yakni ketupat sayur. (Poy)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.