Selasa, 29 November 22

Hakim Vonis Bebas Lima Terpidana Korupsi

Hakim Vonis Bebas Lima Terpidana Korupsi

Padang, Obsessionnews – Majelis hakim Pengadilan tindak pidana korupsi (Tipikor) Padang, Sumatera Barat (Sumbar) memvonis bebas lima terpidana kasus dugaan korupsi. Kelima terpidana yang divonis bebas terkait kasus korupsi pengadaan buku pengayaan  referensi dan buku panduan pendidikan untuk SD sebanyak 20 lokasi pada Disdik Padangpanjang tahun 2011.

Kelima terdakwa yang divonis bebas mantan Kepala Dinas Pendidikan Padangpanjang Kenedi, mantan Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Fahmizal, Ketua Panitia Pengadaan barang dan jasa, Rio De Ronsard, Sekretaris Panitia Pengadaan Barang dan Jasa, Wendriko B, serta Danurlina selaku direktur CV Jaya Karana.

Hakim ketua sidang Asmar menyatakan, kelima terdakwa tidak terbukti melakukan tindak pidana korupsi.

“Tidak terbukti secara sah bersalah dan meyakinkan melakukan tindak pidana sebagaimana dalam dakwaan primer dan subsider. Membebaskan terdakwa dari kedua dakwaan tersebut. Memerintahkan terdakwa keluar dari rumah tahanan, memulihkan harkat dan martabat terdakwa,” kata Asmar saat sidang pembacaan putusan, Selasa (25/8).

Dalam sidang yang beranggotakan Fahmiron dan Perry Desmarera, majelis hakim menyatakan bahwa berdasarkan fakta-fakta di persidangan bahwa, pengadaan buku sudah sesuai dengan kontrak yang berlaku dan PPK, rekanan, serta ketua pengadaan sudah berkerja sesuai dengan aturan.

Usai mendengarkan vonis dari majelis hakim, terdakwa Danurlina langsung melakukan sujud syukur dihadapan majelis hakim, sedangkan empat terdakwa lainnya tak kuasa membendung air mata serta berpelukan dengan sanak saudara yang hadir saat di persidangan. (Musthafa Ritonga)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.