Sabtu, 2 Juli 22

Hajar Barcelona, Juventus Injakkan Satu Kaki di Semifinal UCL

Hajar Barcelona, Juventus Injakkan Satu Kaki di Semifinal UCL
* Paulo Dybala (kanan) menjadi pahlawan kemenangan Juventus dengan 2 golnya ke gawang Barcelona, Rabu dini hari (12/4/2017).

Turin, Obsessionnews.com – Juventus mengemas poin maksimal saat menjamu Barcelona di leg 1 perempat final Europe Champions League (UCL), Rabu dini hari (12/4/2017). Satu kaki Juve pun telah berada di semifinal kompetisi tertinggi di Benua Biru tersebut.

Bermain di J-Stadium, tiga gol yang disarangkan Paulo Dybala dan Chiellini ke gawang Ter Stegen tak mampu dibalas Lionel Messi Cs. Blaugrana membutuhkan hasil akhir 4-0 di leg 2 nanti agar mereka bisa lolos ke babak berikutnya.

Sadar tengah berhadapan dengan tim bertabur bintang, Juventus mengawal laga dengan skema penyerangan. Aliran bola dari lini tengah dan sayap beberapa kali berhasil dikonversi menjadi peluang emas.

Satu di antaranya, bahkan, berbuah gol di menit ke-7. Gelandang sayap Juventus, Juan Cuadrado, yang menyisir sisi kanan lapangan dengan cerdik mengelabui barisan pertahanan El Barca dan langsung memberikan umpan terukur kepada Dybala.

Dari sudut sempit, pemain mungil yang dijuluki ‘the New Lionel Messi’ itu sukses menempatkan bola di pojok kanan gawang lawan.

Usai gol cepat itu, Blaugrana langsung merespon. Permainan Tiki-Taka yang menjadi ciri khas mereka mendominasi jalannya laga. Namun demikian, Iniesta Cs. kesulitan membongkar pertahanan Juve yang dikenal sangat solid.

Sebaliknya, allenatore Massimiliano Allegri menerapkan counter attack untuk mengimbangi permainan Blaugrana. Strategi ini terbilang sukses, terbukti dengan gol kedua yang kembali disarangkan Dybala pada menit ke-22.

Pada paruh kedua, dominasi El Barca makin terlihat. Bahkan, tiga perempat luas lapangan dikuasi anak-anak asuh Luis Enrique tersebut. Mereka mengurung basis pertahanan Juve dari kiri, kanan, maupun tengah. Sayangnya, pertahanan Juve sulit untuk ditaklukkan.

Alih-alih memperkecil kedudukan, El Barca malah kembali kebobolan untuk ketiga kalinya. Kali ini giliran ‘Si Kingkong’ Giorgio Chiellini yang menjadi protagonista bagi La Vecchia Signora pada menit ke-55.

Bek andalan Timnas Italia itu berhasil memenangkan perebutan bola dengan Mascherano saat sepak pojok. Bola yang melambung berhasil ditanduknya dan mengelabui ter Stegen.

Tertinggal 3 gol, para pemain El Barca sempat terlihat frustasi. Wasit Marciniak sampai harus mengeluarkan kartu kuning untuk Iniesta dan Umtiti.

Hingga pluit panjang dibunyikan tanda laga usai, El Barca tetap tak mampu membalas tiga gol tersebut. Dominasi penguasaan bola yang diperagakan Messi Cs. masih belum cukup mumpuni untuk mengalahkan Juventus yang paham cara bertahan dengan baik.

Pada leg 2 yang akan digelar di Camp Nou, Blaugrana minimal harus memasukkan 4 gol tanpa balas agar kans mereka di kompetisi tertinggi di Eropa tersebut tetap terjaga. (Fath)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.