Jumat, 19 April 24

Hafal 15 Juz, Siswa di Jabar Dapat Beasiswa

Hafal 15 Juz, Siswa di Jabar Dapat Beasiswa
* Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan.

Bandung, Obsessionnews – Gubernur Provinsi Jawa Barat, Ahmad Heryawan, berencana mencanangkan program membaca Al-Quran selama 30 menit sebelum memulai pelajaran bagi para pelajar Muslim. Program itu mulai diberlakukan ketika alih kelola SMA/SMK oleh pemerintah provinsi pada 2017 mendatang.

Selain itu, Pemprov Jabar juga akan memberikan beasiswa masuk ke perguruan tinggi negeri (PTN) kepada para pelajar Muslim jika mampu menghafal Al-Quran minimal 15 Juz dan lulus ujian masuk PTN.

“Yang hafal Al-Quran itu pasti cerdas dan prestasinya pasti bagus, karena itu siswa yang hafal 15 Juz ke atas dan lulus kita akan berikan beasiswa untuk ke perguruan tinggi,” ujarnya dalam keterangan tertulis, Minggu (8/5/2016).

Program tersebut, imbuh Aher, bertujuan untuk meningkatkan prestasi para siswa di Jawa Barat. Sebab, menurut dia, seseorang yang hafal Al-Quran secara otomatis akan meningkatkan kecerdasan yang berujung pada prestasi.

Adapun teknisnya, Pemprov Jabar akan menyediakan satu televisi di setiap ruang kelas. Kemudian para siswa akan terhubung melalui teleconference dengan pembimbing bacaan Al-Quran di Gedung Sate maupun Gedung Pakuan Bandung.

Minimal ayat Al-Quran yang dibaca setiap pagi selama 30 menit sebelum mulai jam pelajaran yaitu minimal satu Juz.

“Kita akan pasang televisi di setiap kelas, nanti tiap pagi ada yang mengajari dari Gedung Sate atau Gedung Pakuan, bacaan Al-Qurannya selama 30 menit,” jelas Aher.

Mulai tahun depan, siswa SMA/SMK di Jabar yang berjumlah 2 juta orang akan dikelola Pemprov Jabar. Adapun administrasi peralihan, mulai dari data SDM, aset dan dokumen-dokumennya ditargetkan tuntas oktober tahun ini. (Fath @imam_fath)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.