Minggu, 3 Maret 24

Hadiri Global Muslim Business Forum 2023, Ma’ruf Amin: Bisnis Halal Persatukan Negara Muslim

Hadiri Global Muslim Business Forum 2023, Ma’ruf Amin: Bisnis Halal Persatukan Negara Muslim
* Wakil Presiden (Wapres) RI Ma'ruf Amin memberikan sambutan dalam Global Muslim Bisnis Forum, di Kuching, Malaysia, Selasa (28/11/2023). (ANTARA/Indra Arief Pribadi)

Obsessionnews.com – Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin diketahui baru saja menghadiri sebuah acara berkumpulnya para pebisnis muslim yang bertajuk “Global Muslim Business Forum 2023”, pada Selasa (28/11/2023) yang diadakan di Borneo Convention Center, Kuching, Malaysia.

Pada kesempatan tersebut, ia berkesempatan untuk menyampaikan sambutan di hadapan para perwakilan negara-negara yang hadir. Ma’ruf Amin mengatakan, bisnis halal harus mempersatukan negara-negara Muslim di tengah dunia yang semakin terpolarisasi.

“Di tengah semakin terpolarisasinya dunia, bisnis halal harus mampu mempersatukan negara-negara Muslim dalam aktivitas ekonomi dan perdagangan yang mampu menjawab beragam tantangan global,” kata Wapres.

Wapres Ma’ruf menambahkan, aktivitas ekonomi dan perdagangan dari bisnis halal mampu menjawab beragam tantangan global dan meningkatkan kemakmuran umat Islam di berbagai penjuru dunia. Karena itu, Ma’ruf mengajak seluruh pemimpin yang hadir pada forum tersebut untuk memperluas dan memperkuat kerja sama dalam mewujudkan pertumbuhan ekonomi yang inklusif.

“Kerja sama dan kolaborasi kita mesti merangkul lebih banyak negara, dan mengedepankan prinsip kemitraan yang setara, inklusif dan saling menguntungkan, dengan perencanaan dan implementasi yang efektif dan efisien,” kata Ma’ruf dalam forum yang turut dihadiri Perdana Menteri Malaysia Anwar Ibrahim itu.

Kemudian, ia juga tak lupa mengajak negara-negara Muslim untuk menyatukan visi dan misi terkait arah pengembangan industri halal global ke depan. Ia berharap ASEAN dapat menjadi pelopor ekosistem halal hub terintegrasi yang dapat menarik investasi. Penting adanya harmonisasi untuk standardisasi halal bertaraf internasional yang mampu menghilangkan hambatan perdagangan dan meningkatkan perdagangan produk halal antarnegara.

“Saatnya kita memaksimalkan peran OKI (Organisasi Konferensi Islam), IDB (Islamic Development Bank) dan berbagai lembaga internasional Islam lain, agar selaras dengan organisasi internasional atau forum internasional lainnya untuk memperkuat kerja sama guna kepentingan ekonomi syariah di masa depan,” kata dia.

Wapres juga menyuarakan pentingnya perluasan teknologi digital dan inovasi digital dalam pengembangan ekonomi syariah. Salah satunya adalah pemanfaatan media sosial juga perlu terus dioptimalkan untuk memacu literasi ekonomi dan keuangan syariah di generasi milenial dan generasi Z.

“Pengembangan teknologi dan inovasi digital terbaru dan modern mampu mentransformasi aktivitas ekonomi syariah, sehingga lebih efektif, efisien, resilien, dan produktif, sehingga memperluas jangkauan produk dan jasa halal,” katanya pula.

Selain itu, Ma’ruf juga meminta peningkatan kontribusi ekonomi syariah sebagai penyokong pertumbuhan ekonomi berkelanjutan.

Hal itu sesuai dengan tujuan syariah yakni untuk memelihara kesejahteraan manusia, yang direalisasikan dalam pembangunan ekonomi yang adil, seimbang dan ramah lingkungan, atau dengan kata lain, pembangunan berkelanjutan.

Karena itu, Ma’ruf juga mengharapkan peningkatan investasi syariah di sektor energi terbarukan, teknologi pertanian berkelanjutan, dan pengolahan limbah perlu ditingkatkan. (Antara/Arfi)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.