Sabtu, 2 Juli 22

Haddad Alwi Libatkan Generasi Z untuk Gaungkan Gerakan Indonesia Serasi

Haddad Alwi Libatkan Generasi Z untuk Gaungkan Gerakan Indonesia Serasi
* Acara konferensi pers #IndonesiaSerasi yang digelar secara virtual, Kamis (19/5/2022). (Foto: tangkapan layar zoom)

Obsessionnews.com – Belakangan ini perbedaan politik, agama, budaya, ras dan suku mulai menjadi benih-benih konflik, permusuhan, dan kebencian di antara sesama warga negara dan anak bangsa.

Saling menghina dan caci-maki dalam bentuk verbal maupun tulisan, sudah memenuhi ruang publik di dunia maya. Perilaku kasar dan kekerasan fisik pun sudah biasa terjadi di berbagai tempat.

Atas dasar itu, sejumlah tokoh dan selebritas Indonesia terlibat dalam pembentukan sebuah gerakan sosial dengan tagar #IndonesiaSerasi.

Haddad Alwi Assegaf selaku pemrakarsa Gerakan Indonesia Serasi mengatakan, gerakan berskala nasional ini bertujuan untuk menanamkan sifat lembut hati, sikap moderasi, menerima adanya perbedaan agama dan keragaman budaya.

“Serta menanamkan rasa cinta bangsa, terutama di kalangan Gen-Z,” ujar Haddad Alwi saat konferensi persnya yang digelar secara virtual, Kamis (19/5/2022).

Dia menjelaskan, gerakan ini bersifat independen, lintas suku, agama, ras, dan golongan, serta tidak berafiliasi dengan lembaga atau organisasi mana pun.

Haddad Alwi menambahkan, #IndonesiaSerasi memilih musik sebagai alat untuk menyampaikan pesan-pesan yang dimaksudkan, karena musik bersifat universal.

“Musik bisa diterima oleh masyarakat dari berbagai golongan, tingkat ekonomi dan pendidikan apa pun,” ucapnya.

Untuk itu sudah disiapkan sejumlah lagu yang akan diviralkan satu demi satu selama sekurangnya setahun ke depan, melalui berbagai platform media sosial, seperti Youtube, Facebook, Twitter, Instagram, TikTok, dan lain sebagainya.

Sebagai pembuka, pada 2 April 2022 yang lalu telah dirilis lagu pertama berjudul Indonesia Serasi yang dibawakan oleh Kamasean, Abraham Kevin, dan Ebith Beat A. Lagu ini diadaptasi dari dua lagu daerah Kalimantan Selatan, yakni Ampar-ampar Pisang dan Paris Barantai.

Lagu-lagu berikutnya akan dirilis secara bergiliran di platform yang sama, dan masih diadaptasi dari lagu-lagu daerah Indonesia yang diaransemen ulang.

Penggunaan lagu-lagu daerah itu selain dimaksudkan untuk memopulerkan kembali karya para seniman dan komponis Indonesia, juga dimaksudkan sebagai simbol persatuan seluruh budaya Indonesia dalam bingkai NKRI.

Selain didukung oleh Kepolisian Republik Indonesia, gerakan #IndonesiaSerasi juga didukung sejumlah tokoh nasional dari berbagai kalangan, antara lain Alissa Wahid, Addie MS, Kak Seto, dan Ahmad Najib Burhani.

Kemudian ada juga dukungan dari sejumlah tokoh agama hingga artis-artis Indonesia, seperti Ustadz Das’ad Latief, Habib Husein Ja’far, Pastor Gilbert, Jessica Mila, Raffi Ahmad, Nagita Slavina, Ahmad Dhani, Opick, Deddy Corbuzier, Pamela Bowie, Cici Faramida, Siti KDI, Daniel Mananta, Ammar Zoni, Melly Goeslaw, Giorgino Abraham, dan lain-lain.

Untuk lebih menggaungkan gerakan ini, ribuan remaja dan pemuda Indonesia nantinya akan dilibatkan dalam gerakan ini, dengan cara mengajak mereka membawakan lagu-lagu tersebut, membuat kreasi video-clipnya, lalu mengunggah di akun media sosial mereka masing-masing. Hadiah-hadiah menarik akan diberikan kepada mereka yang karyanya dinilai paling bagus. (Poy)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.