Rabu, 18 September 19

Hadapi Persidangan PHPU, KPU Fokus ke Tiga Hal Ini

Hadapi Persidangan PHPU, KPU Fokus ke Tiga Hal Ini
* Gedung Komisi Pemilihan Umum (KPU), Jl Imam Bonjol, Menteng, Jakarta Pusat. (Foto: web kpu.g.id)

Jakarta, Obsessionnews.comPersidangan gugatan Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) Pilpres 2019 di Mahkamah Konstitusi (MK) masih terus bergulir. Dalam sidangan perdana yang rencananya akan digelar besok pada Jumat (14/6/2019), Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengaku akan fokus pada gugatan awal tim hukum Prabowo Subianto-Sandiaga Uno yang dilaporkan ke MK pada 24 Mei 2019, bukan gugatan yang perbaikan.

“Di jawaban kami, sebenarnya kami tidak menanggapi permohonan yang perbaikan, jadi jawaban kami itu masih merujuk pada permohonan yang tanggal 24 Mei,” ujar komisioner KPU Pramono Ubaid Tanthowi di gedung KPU, Jl Imam Bonjol, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (13/6).

Dia menjelaskan, di MK KPU hanya fokus ke tiga hal, yakni Daftar Pemilih 17,5 juta, kemudian Situng, dan KPU dituding menghilangkan daftar hadir atau C7 di beberapa daerah. “Tapi di permohonan mereka kan hanya menyebut Sidoarjo. Jadi kami sebenarnya fokus di tiga hal ini,” tutur Pramono.

Pria kelahiran Semarang 17 Januari 1975 ini mengatakan, KPU masih berpatokan dengan hukum acara yang ada di PMK 4 Tahun 2018, maupun tahapan program dan jadwal PHPU. “Sebagaimana diatur peraturan MK Nomor 2 2019 juncto PMK 1 Tahun 2019 juncto PMK 5 Tahun 2018, yang di sana tidak menyebutkan ada masa perbaikan permohonan bagi PHPU Pilpres,” imbuhnya.

Selain itu, KPU juga menyiapkan dokumen pembuktian atas tudingan penggelembungan suara hingga status cawapres Ma’ruf Amin di BUMN. Pramono mengaku telah menyiapkan dokumen pembuktian itu, namun belum disampaikan pada jawaban yang diserahkan KPU kemarin (12/6).

“Tentu kita siapkan, ada tuduhan soal penggelembungan suara. Tapi belum masuk di jawaban kami sekarang, termasuk status calon wakil presiden yang dianggap tidak memenuhi syarat, tentu KPU menyiapkan, tapi belum masuk dijawaban yang kita serahkan tanggal 12 Juni,” pungkasnya. (Poy)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.