Rabu, 30 September 20

Hadapi New Normal, Daerah Beri Sinyal kepada Apkasi Soal Kesiapan Pilkada

Hadapi New Normal, Daerah Beri Sinyal kepada Apkasi Soal Kesiapan Pilkada
* Apkasi melaksanakan Webinar yang bertemakan ‘Pemilihan Serentak 2020’. (Foto: Apkasi)

Jakarta, Obsessionnews.com Sesuai kesepakatan antara DPR dan Komisi Pemilihan Umum (KPU) serta diperkuat dengan terbitnya Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) No. 2 tahun 2020, maka Pelaksanaan Pilkada Serentak Tahun 2020 yang sejogjanya berlangsung pada 23 September 2020 diundur menjadi tanggal 9 Desember 2020.⁣⁣⁣⁣

Keputusan penundaan atau pengunduran pesta demokrasi yang melibatkan 270 wilayah di Indonesia tersebut, meliputi 9 provinsi, 224 kabupaten, dan 37 kota, ternyata masih menyimpan persoalan yang cukup kompleks di tengah masih mewabahnya pandemi Covid-19 di segenap daerah di Tanah Air.⁣⁣⁣⁣

Baca juga: Sambut New Normal, Ketum Apkasi Ajak Pemerintah Daerah Biasakan Hidup Bersih

Melihat situasi yang membuat kegamangan, segenap anggota Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi) dalam menghadapi berbagai persoalan terkait Pilkada di tengah pandemi covid-19, terutama di 224 pemerintah kabupaten selaku pelaksana Pilkada serentak tahun ini, maka Apkasi sebagai wadah organisasi yang memiliki peran advokasi dan mediasi serta fasilitasi antara pemerintah pusat dan pemerintah kabupaten akan melaksanakan Webinar yang bertemakan ‘Pemilihan Serentak 2020’.

Webinar ini bertujuan mendiskusikan berbagai permasalahan dan mencari solusi terbaik seputar Pilkada serentak di tengah Covid-19. ⁣⁣

Dalam kesempatan itu, Ketua Umum Apkasi Azwar Anas menyampaikan terimakasih atas kesungguhan para Bupati yang luar biasa dengan berbagai cara dan dedikasih yang dipertaruhkan untuk melaksanakan Pilkada Serentak 2020 di tengah penanganan covid-19 ini.

“Ada hal baru yang mesti dijalankan, yakni kehidupan normal baru. Kita ngak tahu masalah covid-19 ini kapan berakhir,” ujar Azwar dalam sambutannya di acara webinar ‘Pemilihan Serentak 2020’, Selasa (30/6/2020).

Baca juga: Apkasi Ajak Daerah Bersiap Sambut ”New Normal”

Dia menjelaskan, dengan kesepakatan antara DPR dan KPU dan seiring bersamaan dengan jalannya waktu demokrasi harus tetap berjalan. “Dengan adanya Covid-19, demokrasi harus tetap berjalan. Tahapan pilres pun tengah berjalan di tengah pandemi Covid-19 ini,” ucapnya.

Untuk itu, para Bupati-bupati di daerah telah memberikan sinyal kepada Apkasi untuk melaksanakan kebiasaan baru, yaitu The New Normal. “Para Bupati di daerah telah menyatakan siap menjalani pola baru ini, yakni normal baru,” ucap Bupati Banyuwangi ini.

Oleh karena itu keputusan yang diambil pemerintah bersama DPR telah memberikan gambaran kepada Apkasi dan pemerintah daerah, bahwa siklus demokrasi akan tetap berjalan.

“Dengan menggunakan protokol kesehatan dalam penanganan Covi-19,” tambah Azwar.

Seperti diketahui, hari ini Apkasi menggelar acara Webinar yang bertemakan yang bertemakan ‘Pemilihan Serentak 2020’. dalam kesempatan itu juga, Apkasi melakukan penandatanganan kesepahaman (MoU) oleh beberapa pihak terkait hal itu. (Poy)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.