Senin, 26 Oktober 20

Hadapi Debat, Jokowi Punya Keunggulan Sebagai Petahana

Hadapi Debat, Jokowi Punya Keunggulan Sebagai Petahana
* Dua calon presiden yang akan bertarung dalam Pilpres 2019. (Foto: fakta news)

Jakarta, Obsessionnews.com – Publik menanti digelarnya debat dua pasangan calon presiden, Joko Widodo-KH Ma’ruf Amin di satu sisi dan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno di sisi lain. Debat perdana ini akan digelar di ruang Birawa Assembly Hall Hotel Bidakara, Pancoran, Jakarta Selatan, pada Kamis, 17 Januari 2019 besok.

Sebagai capres petahana, Jokowi diyakini siap berargumen terkait isu penegakan hukum, HAM, korupsi, dan terorisme. Dengan pengalaman sebagai RI-1 yang sudah berjalan empat tahun lebih, Jokowi dianggap mengetahui persoalan secara konkret.

 

Baca juga:

Mencintai Islam, Jokowi Pilih Pendamping Ulama Besar

Allah Menakdirkan Jokowi, Bukan Prabowo Subianto

Debat Pilpres 2019 Untungkan Jokowi

Dinilai Tegas Bela NKRI, Alumni UI Dukung Jokowi-Amin

 

“Penegakan hukum dan pemberantasan kasus-kasus korupsi di era Jokowi lebih konkret dan efektif,” ujar politikus PDI-P Darmadi Durianto, Rabu (16/1/2019).

Menurut Darmadi, Jokowi tak punya beban terkait tema debat perdana. Contohnya seperti pelanggaran HAM atau korupsi karena Jokowi punya catatan bersih dan tak pernah terseret kasus. Salah satu penghargaan yang didapat Jokowi adalah Bung Hatta Anti Corruption Award ketika menjabat Wali Kota Solo.

“Jokowi bukan bagian dari masa lalu yang masih menyisakan beban persoalan hukum. Untuk korupsi, Jokowi sudah punya catatan penghargaan Bung Hatta Anti Corruption Award,” ujar anggota DPR tersebut.

Masing-masing pasangan calon tentunya punya cara sendiri untuk persiapan debat. Prabowo-Sandiaga melakukan simulasi debat di Hambalang tadi siang, kemudian kini giliran Jokowi-Ma’ruf yang berlatih debat di Jakarta Theater.

Jokowi memastikan dirinya siap menjawab pertanyaan dari pasangan lawan. Bagi capres nomor urut 01 ini, yang terpenting dalam debat adalah sesuai data dan fakta. Dia juga menyesuaikan dengan tema yang telah ditentukan.

“Ya tentu saja kalau ngomong mestinya dengan data, ngomong dengan fakta-fakta. Yang paling penting rencana kami seperti apa,” kata Jokowi.

Cawapres Ma’ruf Amin mengaku tidak memiliki persiapan khusus menjelang debat capres-cawapres. Ma’ruf mengaku sudah sering berdebat dalam berbagai forum Nahdlatul Ulama (NU), namun materinya saja yang beda dengan debat capres-cawapres.

“Tentu kalau persiapan ya kita menyiapkan dirilah, tetapi tak selalu segala-segalanya. Seperti biasalah, saya kan biasa kalau berdebat, di NU biasa itu, hanya materinya yang berbeda. Jadi saya membaca, kira-kira apa yang akan didebatkan itu,” tukas Ma’ruf.

Sedangkan capres nomor urut 02 Prabowo Subianto melakukan latihan debat di kediamannya di Hambalang, Bogor, Jawa Barat. Bahkan dirinya berlatih selama dua hari ini.

“Persiapannya beliau (Prabowo) bersama Tim 8 dan Direktur Media dan Konten lagi mempersiapkan diri dua hari ini, dari kemarin di Hambalang,” ujar juru bicara Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi, Andre Rosiade.

Andre lantas memerinci apa saja yang dilakukan Prabowo selama mempersiapkan diri untuk debat capres 2019. Salah satunya adalah menyiapkan jawaban ketika ditanya soal isu HAM.

“Mempersiapkan semuanya untuk perdebatan besok, mulai data materi-materi, itu yang disiapkan. Materi-materinya hukum, HAM, korupsi, dan terorisme. Sekarang dipersiapkan. Kita mempersiapkan diri dua hari ini bagaimana Pak Prabowo menawarkan soal pemberantasan korupsi,” sebut Andre.

Cawapres Sandiaga Uno mengaku menghormati Jokowi sebagai presiden dan Ma’ruf Amin selaku ulama. Dia mengaku hanya akan menyinggung persoalan yang ada di masyarakat.

“Kami tidak akan mengorek-ngorek, itu bukan style, gaya, Prabowo-Sandi. (Kami) hanya (menyinggung) kasus-kasus yang ada di masyarakat saja, yang ditanyakan, yang menjadi pertanyaan besar. Kita akan sangat hormati Presiden dan akan memuliakan Pak Kiai,” ujar Sandiaga. (Has)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.