Kamis, 27 Januari 22

Hadapi Arus Mudik, PMI Jateng Siagakan 1.288 Petugas

Hadapi Arus Mudik, PMI Jateng Siagakan 1.288 Petugas
* Salah satu contoh posko PMI yang bakal disiagakan selama musim lebaran. (Yusuf IH)

Semarang, Obsessionnews – Memasuki masa lebaran, Palang Merah Indonesia (PMI) Provinsi Jawa Tengah beserta PMI Kabupaten/Kota se-Jawa Tengah telah menyiapkan pos Pertolongan Pertama (PP) dan Ambulans guna memberikan pelayanan kepada masyarakat yang melakukan mudik mendatang. Ketua PMI Jateng, Imam Triyanto menerangkan, pos tersebut akan beroperasi mulai H-7 hingga H+7 Lebaran 2015.

“PMI se-Jateng telah menyiapkan 95 unit Ambulans dan 1.228 petugas, untuk membantu pelayanan kesehatan dan rujukan selama 24 jam,” terangnya di Semarang, Kamis (9/7/2015).

Sementara itu, jumlah petugas yang diterjunkan ke lapangan terdiri dari 269 dokter, 149 perawat dan 810 relawan yang memiliki ketrampilan pertolongan pertama.

“Kesiapan ini merupakan tindaklanjut dari arahan Ketua PMI Pusat. Pos PMI tersebar di jalur pantura dan jalur selatan, serta tempat keramaian publik seperti bandara, pelabuhan, terminal bus, dan tempat wisata,” terangnya.

Keberadaan pos tersebut didirikan secara mandiri oleh PMI dan beberapa digabung dengan instansi pemerintah lain seperti polisi, TNI dan pihak lainnya. Dalam pelaksanaannya, mereka akan standby di masing-masing pos yang terbagi dalam 2-3 shift sehari.

Pihaknya menghimbau agar para pemudik selalu berhati-hati dan waspada ketika mengendarai kendaraan bermotor karena arus mudik yang padat dan rawan kecelakaan.

“Silahkan beristirahat di Pos PMI, di sana bisa istirahat dengan aman, nyaman dan gratis,” pungkas Imam. (Yusuf IH)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.