Senin, 29 November 21

Habis Lebaran, Pemprov Sumbar Undang Seluruh Rektor

Habis Lebaran, Pemprov Sumbar Undang Seluruh Rektor

Limapuluhkota, Obsessionnews.com – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Barat (Sumbar) dalam waktu dekat mengundang rektor seluruh perguruan tinggi yang ada di Sumbar. Agenda pembahasan terkait pemasalahan krusial seperti narkotika dan Lesbian, Gender, biseksual dan Transgender (LGBT).

Wakil Gubernur (Wagub) Sumbar Nasrul Abit mengatakan, rektor perguruan tinggi diundang setelah lebaran. Permasakahan ini harus diungkap dan tidak bisa dibiarkan berkembang di Ranah Minang.

“Usai lebaran Pemprov akan mengundang para rektor se Sumbar dalam rangka membicarakan mengantisipasi pecandu, pemakai narkoba di kalangan generasi muda dan mahasiswa. Kita akan mendengarkan masukan dan langkah-langkah apa yang harus dilakukan, termasuk hubungan sejenis,” sebut Nasrul Abit ketika memberikan arahan pada Silaturahmi Ramadhan di Masjid Raya Pangkalan Kabupaten Lima Puluh Kota Selasa (28/6) malam.

Nasrul Abit menjelaskan bahwa penyalahgunaan narkoba di Sumbar sangat mengerikan. Berdasar data Badan Narkotika Nasional Provisni (BNNP) Sumbar kasus narkoba di Sumbar mencapai 63.352 ribu.

“Angka ini sangat mengerikan kita semua, semua elemen masyarakat harus waspada. Peran orangtua sangat dominan dalam mengawasi anaknya. Kalau anaknya sekolah atau kuliah di Padang sekali- kali harus di pantau, apa dia sekolah atau tidak, jangan-jangan dia menjadi pecandu narkoba,” ujarnya.

Untuk mencegah barang jenis narkotika masuk ke Sumbar, aparat terkait harus meningingkatkan pengawasan terutama di daerah perbatasan. Petugas harus selalu mengadakan patroli dan razia di jalan guna mengantisipasi penyeludupan Narkoba.

“Peran pemerintah dan aparat terkait tentu terbatas pula. Masyarakat dan lingkungan harus berperan aktif dalam menjaga Nagari/desanya, jangan masuk barang haram itu ke daerahnya,” katanya.

“Kalau ada generasi muda kita yang memakai Narkoba, ya usir saja, dan laporkan kepada Kepolisian jangan segan-segan, ini tidak bisa ditelorir lagi,” ucapnya. (Musthafa Ritonga/@alisakinah73)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.