Jumat, 19 April 24

Habibie Anak Emas Soeharto

Habibie Anak Emas Soeharto
* Wakil Presiden RI BJ Habibie dilantik sebagai Presiden pada 21 Mei 1998. (Sumber foto: wikipedia.org)

Jakarta, Obsessionnews.com –  Bacharuddin Jusuf (BJ) Habibie berotak cemerlang. Setelah tamat SMA Habibie kemudian belajar tentang keilmuan teknik mesin di Fakultas Teknik Universitas Indonesia Bandung (sekarang Institut Teknologi Bandung) pada 1954. Pada 1955–1965 Habibie melanjutkan studi teknik penerbangan, spesialisasi konstruksi pesawat terbang, di RWTH AachenJerman Barat, menerima gelar diplom ingenieur pada 1960 dan gelar doktor ingenieur pada 1965 dengan predikat summa cum laude.

 

Baca juga:

Adhyaksa Dault Kenang Sosok Habibie Saat Jadi Saksi Nikahnya

Kisah Cinta Habibie dan “Si Gula Jawa”

Jokowi Akan Pimpin Pemakaman Jenazah Habibie di TMP Kalibata Siang Ini

 

Habibie pernah bekerja di Messerschmitt-Bölkow-Blohm, sebuah perusahaan penerbangan yang berpusat di HamburgJerman. Pada 1973, ia kembali ke Indonesia atas permintaan Presiden Soeharto.

Nama Habibie menjadi buah bibir masyarakat ketika Presiden Soeharto memberinya kepercayaan sebagai sebagai Menteri Negara Riset dan Teknologi (Menristek) dalam Kabinet Pembangunan III periode 1978-1983.

Soeharto kembali kembali memberi amanah kepada Habibie menjadi Menristek di Kabinet IV periode 1983-1988, Kabinet V (1988-1993), dan Kabinet VI (1993-1998). Ini berarti Habibie selama 20 tahun menjadi menteri dan merupakan menteri terlama di masa kepemimpinan Soeharto. Bahkan anak emas Soeharto tersebut merupakan sosok yang paling lama menduduki jabatan menteri dalam sejarah Republik Indonesia!

 

Baca juga:

BJ Habibie, Presiden Dalam Kenangan

BJ Habibie Tutup Usia

Tiga Hal yang Membuat Soeharto Kecewa dan Marah Pada Habibie

 

Halaman selanjutnya

Pages: 1 2

Related posts

1 Comment

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.