Rabu, 22 September 21

Gus Mus : NU dan Muhammadiyah Bisa Tangkal Terorisme di Indonesia

Gus Mus : NU dan Muhammadiyah Bisa Tangkal Terorisme di Indonesia
* KH Mustofa Bisri atau yang akrab dipanggil Gus Mus.

Surabaya, Obsessionnews – Ancaman teror Paris menjadi keprihatinan dunia internasional. Sekaligus juga menjadi kewaspadaan bagi seluruh negara termasuk indonesia. Ajaran radikalisme yang disinyalir kuat di balik aksi terorisme di Paris, Suriah dan negara lainnya.

KH Mustofa Bisri atau yang akrab dipanggil Gus Mus, mengatakan, potensi adanya perekrutan dan tindakan terorisme bisa terjadi di Indonesia. Sehingga dibutuhkan peran organisasi masyarakat Islam untuk menangkal ajaran radikalisme. NU dan Muhammadiyah mempunyai basis ajaran maupun massa yang kuat. Radikalisme yang berkembang bisa tergerus dengan pemahaman Islam rahmatan lil alamin.

“NU dan Muhammadiyah bisa menjadi tameng masuknya paham radikalisme di Indoensia. Keduanya harus konsisten menyampaikan pemahamannya ke seluruh basis massa maupun daerah,” tutur Gus Mus dalam Launching Institute for Nusantara Studies atau INNUS di UIN Sunan Ampel Surabaya (18/10/2015).

Menurut tokoh nasional ini, langkah pemerintah dalam memberantas dan mendeteksi aksi terorisme sudah cukup bagus. Namun, tak sepatutnya pemerintah bekerja sendiri, keberadaan ormas Islam sangat efektif menggeser paham radikalisme keluar dari Indonesia.

Gus Mus menjelaskan, agama Islam di Indonesia selama ini mengajarkan kesantunan dan tidak mengarah pada paham yang berbau radikalisme. Untuk itu, bermunculannya kelompok mahasiswa yang diduga mengarah ke pemahaman radikalisme, Pengasuh PonPes di Rembang, Jawa Tengah, ini menilai pemahaman tentang agama mereka masih sepotong. Dan ini diperlukan tokoh ataupun pihak yang menjelaskan tentang Islam seutuhnya.(rudianto)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.