Jumat, 24 September 21

Gus Ipul Bantah Ponpes Penyebab Munculnya Terorisme

Gus Ipul Bantah Ponpes Penyebab Munculnya Terorisme
* Syaifullah Yusuf atau Gus Ipul.

Surabaya, Obsessionnews – Tudingan salah satu politisi PDI Perjuangan (PDI-P) bahwa pondok pesantren (ponpes) dan sekolah Islam sebagai penyebab munculnya radikalisme maupun aksi terorisme menuai kontroversi. Ketua Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Saifullah Yusuf atau Gus Ipul menyesalkan pernyataan berbau provokatif tersebut. Terlebih, Indonesia khususnya Jawa Timur (Jatim) menjadi wilayah dengan jumlah ponpes terbanyak.

“Itu pernyataan yang tidak berdasar. Sama halnya saya dan Gus Dur juga termasuk (radikal). Banyak lulusan pesantren yang bagus,” tegas Gus Ipul yang juga Wakil Gubernur Jatim di Surabaya Rabu (18/11/2015).

Kata Gus Ipul, pernyataan Direktur Eksekutif Megawati institute Siti Musda Mulia salah besar dan perlu diluruskan. Justru ponpes berperanan penting dalam memberikan pemahaman Islam secara baik. NU concern dalam membangun pendidikan pesantren dengan mengusung Ahlussunnah Waljamaah Annadiyah, tegaknya NKRI, dan kesejahteraan umat.

“Menjadi teroris tidak harus lulusan pesantren, tokoh besar terlahir dari pesantren.  Presiden RI ke-4 RI adalah jebolan pesantren,” ujarnya.

Sebelumnya, politisi PDI-P Siti Musda Mulia sekaligus Direktur Eksekutif Megawati Institute memberikan pernyataan jika pondok pesantren dan sekolah Islam penyebab munculnya aksi terorisme di Indonesia. Sehingga ke depannya, jumlah ponpes dan sekolah Islam harus dikurangi. (rudianto)

 

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.