Minggu, 17 Oktober 21

Gus Dur Ultah, Istri, Anak dan Cucu Ziarah

Gus Dur Ultah, Istri, Anak dan Cucu Ziarah

Jombang,Obsessionnews – Istri mendiang Presiden RI ke-4 KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur), Ny Shinta Nuriyah, beserta seluruh keluarga dan ribuan nahdliyin melakukan ziarah di Makam Gus Dur di kompleks Ponpes Tebu Ireng, Jombang. Ziarah ini bagian dari perayaan hari ulang tahun Gus Dur ke-75.

Ultah Gus Dur 4 Agustus 1940 sialam juga terasa istimewa karena bertepatan dengan pelaksanaan Muktamar ke-33 NU di Jombang.
Beberapa rangkaian acara dilaksanakan oleh keluarga dan Gusdurian. Di antaranya acara ‘Ziarah Gagasan Gus Dur’di kampus Universitas Hasyim Asyari (Unhasy) bersama tokoh NU, KH Tholhah Hasan, dan pengamat NU dari luar negeri, Martin Van Bruinessen dan Greg Faely.

Istri Gus Dur, Shinta banyak menceritakan suka dan duka saat menemani Gus Dur dalam hidup. Gagasan cemerlang Gus Dur tentang keagamaan, kebangsaan dan kemanusiaan juga ia paparkan.

“Banyak kenangan saya selama menemani Gus Dur bisa diambil hikmanya,” kata Shinta.

Perayaan ultah Gus Dur, selain dihadiri  istri, tampak ikut berziarah Alissa Wahid, Yenni Wahid, Anita Wahid, Inayah Wahid, dan cicit Gus Dur.

Sementara itu, dalam diskusi ‘Gagasan Gus Dur’ Martin Van Bruinessen mengatakan, Gus Dur merupakan sosok besar tidak hanya di kalangan NU, tapi juga di luar NU.

Terkait NU, peneliti NU dari negeri kincir angin, Belanda, itu mengatakan, selama ia mengamati NU dan dinamikanya sejak puluhan tahun lalu, suasana genting selalu terjadi, termasuk ketika muktamar digelar.  Karena sudah terbiasa, NU selalu bisa mengatasi situasi genting dengan hasil yang menyenangkan.

Menurutnya, itu sudah menjadi dinamika jamak di lingkungan nahdliyin. Menurutnya, itu juga buah dari hasil kerja keras Gus Dur membangun kesadaran berdemokrasi di lingkungan NU.

“NU sudah terbiasa mengatasi situasi sulit, dan selalu bisa mengatasinya,” kata pengamat NU dari Utrecht University itu.‎ (GA Semeru)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.