Kamis, 26 Mei 22

Guru dan Siswa SDN 06 Jagakarsa Peringati Hari Kartini

Guru dan Siswa SDN 06 Jagakarsa Peringati Hari Kartini
* Sejumlah siswa-siswi SDN 06 Jagakarsa, Jakarta Selatan, tampak bersiap untuk tampil dalam fashion show di acara peringatan Hari Kartini, Kamis (21/4/2016).

Jakarta, Obsessionnews – Seperti tahun-tahun sebelumnya, Hari Kartini yang jatuh pada hari ini, Kamis (21/4/2016), pun diperingati banyak sekolah. Tak terkecuali Sekolah Dasar Negeri (SDN) 06 Jagakarsa, Jakarta Selatan.

Tampak puluhan siswa-siswi mengenakan pakaian tradisional. Wajah-wajah imut mereka semakin terlihat manis dengan pakaian yang dikenakannya. Mereka ada yang mengenakan pakaian adat Betawi, Sunda, Jawa, Padang, Batak, Kalimantan, Bugis, dan pakaian adat lainnya.

Resnawati, S.Pd., Kepala SDN 06 Jagakarsa, Jakarta Selatan.
Resnawati, S.Pd., Kepala SDN 06 Jagakarsa, Jakarta Selatan.

“Ini kan sekolah baru. Dan ini juga tahun pertama saya menjabat kepala sekolah di SDN 06 Jagakarsa, karena saya baru bulan Mei di sini. Jadi buat saya, acara ini juga yang pertama kali dilaksanakan,”ujar Resnawati, saat ditemui Obsessionnews di sela-sela acara peringatan Hari Kartini, Kamis (21/4/2016).

Menurut Resnawati, acara peringatan Hari Kartini ini murni inisiatif para guru. Meski dalam pelaksanaannya, pihak sekolah juga melibatkan peran serta orang tua siswa.

“Ini murni inisiatif para guru. Kami pun tidak meminta biaya dari para orang tua siswa. Untuk pendanaan, semuanya pihak sekolah yang menanggung,” kata Resnawati yang sebelumnya menjabat Kepala SDN 08 Lenteng Agung, Jakarta Selatan.

Lebih lanjut Resnawati menjelaskan, penyelenggaraan acara Hari Kartini ini diisi dengan sejumlah acara, sejak pagi tadi.

“Kita awali acara ini dengan upacara, kemudian ada pembacaan sekelumit sejarah Ibu Kartini. Acara dilanjutkan dengan pawai yang diiringi oleh marawis, lalu ditutup dengan fashion show yang diikuti para guru dan siswa-siswi,” jelasnya.

Melalui peringatan Hari Kartini ini, sambung Resnawati, diharapkan siswa-siswi dapat mengetahui dan mengenang perjuangan para pahlawan, khususnya Raden Ajeng Kartini.

“Seperti kita ketahui, Ibu Kartini merupakan contoh perempuan Indonesia yang tangguh. Beliau juga melakukan upaya yang sulit untuk memperjuangkan kesetaraan hak bagi perempuan,” jelasnya. (Fath @imam_fath)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.