Kamis, 9 Desember 21

Gunung Puncak Jaya Papua Diterjang Hujan Es

Gunung Puncak Jaya Papua Diterjang Hujan Es

Jakarta, Obsessionnews – Kawasan Pegunungan Tengah, Kabupaten Puncak, Irian Jaya, disapu hujan es yang melanda sejak awal Juli. Akibatnya, ribuan orang terancam kelaparan setelah ladang ubi rusak.

Wakil Bupati Puncak, Repinus Telengen, seperti dilansir BBC Indonesia menyebutkan setidaknya ada sepuluh ribu warga di kawasan tersebut. Sedangkan wilayah terparah menurut dia di Distrik Agandugume. Selain itu, ada dua distrik lagi di Kabupaten Nduga serta di Kabupaten Lany Jaya yang sudah memakan korban 11 orang meninggal dunia.

“Mereka kelaparan karena lahan pertanian rusak. Setiap pagi ditemukan embun es pada tanaman. Setelah matahari terbit, kena panas matahari, embun es itu mencair. Pada siang hari, tanaman mati dan kering,” kata Repinus.

Wakil Bupati sudah berusaha mengirim bantuan. Namun sayangnya, upaya menghadapi kendala teknis. Pesawat yang bisa menjangkau hanya berbadan kecil seperti jenis Pilatus. Akibatnya, sulit membawa bahan makanan dalam jumlah besar. Paling banyak, 800 kilogram sekali jalan dan baru tiga kali dilakukan pengiriman.

Solusinya menurut Repinus mengirim bantuan menggunakan helikopter. Tapi biayanya besar.

“Bisa mencapai Rp350 juta sekali jalan,” kata dia.

Menanggapi situasi ini, Panglima Kodam (Pangdam) XVII/Cendrawasih, Mayjen TNI Fransen G Siahaan, bilang bahwa kemampuan TNI terbatas sebab pesawat yang ada tak dilengkapi sarana oksigen. Sementara pesawat sipil yang biasa melayani rute tujuan kawasan bencana tersebut, menurut dia, tak mampu mengudara karena cuaca buruk.

Kawasan Pegunungan Tengah Papua, khususnya Distrik Agandugume, berada di lereng gunung Puncak Jaya, Irian Jaya dengan ketinggian 4.884 meter di atas permukaan laut.(Mahbub Junaidi)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.