Selasa, 24 Mei 22

Gunung di Jabar Banyak Terbakar, Pendakian Dihentikan

Gunung di Jabar Banyak Terbakar, Pendakian Dihentikan
* Sylvana-Ratina

Bandung, Obsessionnews – Kepala Badan Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Jabar Silvana Ratina beberapa waktu lalu telah melakukan moratorium (penghentian sementara) ijin pendakian terhadap sejumlah gunung dan Taman Wisata Alam (TWA).

Hal ini dilakukan menyusul banyaknya kejadian kebakaran hutan dan TWA, sehingga dapat merusak sejumlah tanaman dan hewan yang dilindungi. Seperti yang terjadi di gunung Papandayan Garut jabar, sampai hari ini Sabtu (19/9).

Kebakaran cagar alam Gunung Papandayan, begitupun puncak gunung Guntur Garut jabar juga ikut terbakar. Asap tebal disertai api yang membesar sangat jelas terlihat apabila di malam hari. Petugas BKSDA juga meminta masyarakat untuk waspada, dikhawatirkan api merembet ke perumahan penduduk.

api papandayan

Menurut Kepala Seksi Wilayah V BKSDA Garut Toto Kuswanto masyarakat harus waspada dengan adanya kemungkinan hewan buas masuk ke perumahan penduduk akibat habitat mereka terbakar, karena di cagar alam tersebut terdapat macan tutul yang menjadi binatang yang dilindungi.

“Di cagar alam tersebut juga masih langka air, sehingga selain hewan-hewan ini merasa terusik dengan adanya hawa panas kebakaran, mereka pun akan mencari air dan makanan ke pemukiman warga,” ujar Toto.

Ia pun meminta kepada masyarakat agar secepatnya melaporkan kepada petugas BKSDA setempat apabila menemukan hewan liar yang masuk rumah warga, sehingga dapat dilakukan pengamanan dan menjaga agar ternak warga ataupun penduduk setempat tidak merasa takut. (Dudy Supriyadi)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.