Minggu, 28 November 21

Gubernur Sumbar Sidak ke Pasar

Gubernur Sumbar Sidak ke Pasar

Padang, Obsessionnews – Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Irwan Prayitno melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke pasar raya Padang untuk memantau harga kebutuhan pokok.

Sidak yang didampingi Walikota Padang Mahyeldi Ansharullah, Kepala Bank Indonesia Perwakilan Sumbar Puji Atmoko, Kepala Divisi Regional Bulog Sumbar dan Balai POM Padang serta Kelapa Dinas Pasar Kota Padang ini juga dalam rangka melakukan pengawasan terhadap bahan makanan mengandung zat berbahaya.

Inspeksi mendadak yang dimulai sekitar pukul 14:00 WIB ini dimulai dari kawasan Sandang Pangan dan berakhir di los penjual daging. Gubernur beserta tim menemukan harga kebutuhan pokok yang mengalami kenaikan, penurunan dan tetap.

Meski beragam hasil keseluruhan relatif terkendali, sehingga dengan harga yang relatif terkendali diharapkan inflasi tidak sampai 1 persen selama Ramadhan tahun ini.

“Untuk cabe dari harga masih tetap, untuk ikan jauh berkurang, sedangkan ayam naik dan daging juga naik sedikit dari harga biasa”, kata Irwan Prayitno kepada wartawan usai sidak Selasa (14/6).

Irwan sidak pasar -

Irwan menambahkan, untuk keamanan bahan pokok tersebut seperti daging, ikan, sayur, cabe dan lain-lain yang dilakukan cek labor secara langsung.

“Ikan segar bagus yang kita ragukan ikan asinan ternyata bagus tidak mengandung bahan berbahaya. Begitu juga daging juga bagus,” ujarnya.

Selain itu, khusus sayur, tomat dan cabe positif mengandung pestisida, karena diketahui pedagang menyemprotkan cairan tersebut supaya tetap awet.

“Kita akan sosialisasikan hal tersebut kepada pedagang, karena petani sudah kita sosialisasikan seluruhnya. Dari yang ditemui pestisida tersebut dari satu daerah saja, sedangkan untuk daerah lain tidak ada pestisida dari hasil holtikultura,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Bank Indonesia Perwakilan Sumbar Puji Atmoko mengatakan, kenaikan harga dipasaran masih relatif dan tidak perlu dikhawatirkan.

“Dalam menekan inflasi kita akan melaksanakan operasi pasar mulai besok Rabu (15/6) dengan harga 85 ribu hingga 90 ribu untuk daging segar, untuk besok daerah Padang Selatan di Masjid Nurul Iman”, ujar Puji Armoko. (Musthafa Ritonga/@alisakinah73)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.