Selasa, 26 Januari 21

Gubernur Sumbar Luncurkan Raskin

Gubernur Sumbar Luncurkan Raskin

Padang, Obsessionnews – Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Irwan Prayitno meluncurkan beras miskin (raskin) bagi masyarakat di wilayah Sumbar, Rabu (11/02). Peluncuran raskin tersebut ditandai dengan pelepasan dua truk bermuatan beras untuk disalurkan kepada masyarakat oleh Gubernur Sumbar bersama Kepala Badan Urusan Logistik (Bulog) Divisi Regional (Divre) Sumbar Ajun Ansol Siregar.

Gubernur meminta Bulog supaya menyosialisasikan program tersebut agar masyarakat tahu pemerintah sudah meluncurkan raskin bagi rumah tangga sasaran (RTS) di Sumbar.

“Sosialisasi harus gencar dilakukan, sehingga masyarakat tahu program itu sudah diluncurkan, lalu masyarakat segera membelinya,” kata Irwan Prayitno usai peluncuran raskin di halaman gubernuran, Jalan Sudirman Kota Padang.

Ia juga meminta kepada kepala daerah, camat, dan lurah untuk membantu pelaksanaan raskin, terutama sekali menyangkut pendataan, sehingga penyalurannya tepat sasaran.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Bulog Divre Sumbar Ajun Ansol Siregar mengatakan, tahun ini Sumbar mendapatkan pagu raskin sebanyak 49.577 ton yang diperuntukkan bagi 275.431 RTS. Masing-masing RTS mendapat jatah 15 kilogram per bulan dengan harga Rp 1.600/kg.

“Alokasi yang diterima Sumbar tahun ini sama dengan tahun 2014,” kata Ansol.

Daerah yang pertama mendapat raskin Kecamatan Padang Utara, Kota Padang. Beras yang didistribusikan usai peluncuran sebanyak 17 ton.

“Setelah 17 ton ini didistribusikan, kita langsung mendistribusikan ke kecamatan lain yang ada di Kota Padang,” ujar Ansol. Dia menambahkan, raskin yang diberikan kepada RTS berkualitas medium.

Sementara itu, stok beras yang tersedia di 11 gudang Bulog yang ada di tiga sub divisi regional sebanyak 24.727 ton. Ketahanan stok beras yang ada diperkirakan mencapai lima bulan ke depan. (Musthafa Ritonga)

 

Related posts