Sabtu, 21 Mei 22

Gubernur: Saatnya Pemuka Agama Bina Gafatar

Gubernur: Saatnya Pemuka Agama Bina Gafatar
* Soekarwo.

Surabaya, Obsessionnews – Gubernur Jawa Timur (Jatim) Soekarwo meminta pemuka agama untuk melakukan pembinaan mantan pengikut Gerakan Fajar Nusantara (Gafatar). Pemuka agama dinilai bisa meluruskan ajaran yang ramai di sejumlah daerah tersebut.

” Pengikutnya (Gafatar) harus mendapatkan pembinaan, dan ini merupakan tugas pemuka agama,” kata Pak De, sapaan Soekarwo, di Surabaya, Selasa (12/1/2016).

Menurut Soekarwo, pengikut ajaran Gafatar tidak boleh dijauhi oleh masyarakat umum dan publik harus mengedapankan sikap toleransi.

“Gerakan Gafatar yang dianggap radikal malah bisa dijadikan wadah baru bagi para pemuka agama melakukan dakwah, ” imbuhnya.

Soekarwo, juga mengaku belum setuju adanya stigma bahwa Gafatar adalah gerakan radikal, karena harus dilakukan pengkajian terlebih dahulu.

“Ini harus dikaji lebih dalam, apakah itu termasuk gerakan radikal atau hanya sebagai organisasi masyarakat. Karena itu kita tidak bisa langsung memberikan tuduhan bahwa gerakan tersebut radikal,” kata Soekarwo.

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jatim tetap menyamakan perlakuan seperti kasus-kasus berbau agama lainnya, yakni mendorong lembaga keagamaan untuk berperan aktif membina masyarakat. (Rudianto)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.