Jumat, 26 April 24

Gubernur Minta Warga Tak Ikut Demo ke Jakarta

Gubernur Minta Warga Tak Ikut Demo ke Jakarta
* Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno.

Padang, Obsessionnews.com – Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Irwan Prayitno berharap kepada masyarakat untuk tidak ikut demo ke Jakarta pada 2 Desember 2016. Sementara, sejumlah ormas menggalang massa untuk berangkat demo.

Gubernur Sumbar Irwan Prayitno mengingatkan tidak usah berangkat ke Jakarta untuk melaksanakan aksi unjuk rasa turun ke jalan, karena tuntutan yang disampaikan pada 4 November terhadap Gubernur DKI Jakarta non aktif Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) sudah di proses hukum.

“Prosesnya kan sedang berjalan. Mari kita tunggu hasilnya,” katanya saat menghadiri silaturrahmi Tokoh Ormas bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Provinsi Sumbar di Gubernuran Senin (21/11/2016) siang.

Namun Irwan tidak bisa melarang masyarakat yang hendak berangkat ke Jakarta untuk melaksanakan unjuk rasa.

Menurutnya, menyampaikan pendapat dengan cara turun kejalan sebagai bentuk demokrasi yang dijamin undang-undang.

“Kalau bisa saya sarankan tidak usah berangkat ke Jakarta melaksanakan demo,” katanya.

Ia meminta kepada masyarakat yang berangkat, agar tetap tertib, taat aturan dan selalu waspada kepada pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.

Dalam kesempatan yang sama Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Sumbar, Brigadir Jenderal (Brigjen) Polisi Basarudin meminta kepada masyarakat untuk berangkat ke Jakarta melaksanakan demo.

Namun demikian, ia tidak bisa melarang bagi warga yang ingin melaksanakan demo. Akan tetapi ia berpesan, agar dalam menyampaikan pendapat dilaksanakan secara tertib dan damai.

Basaruddin juga mengingatkan untuk mewaspadai pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab untuk membuat suasana tidak terkendali.

Ia khawatir, apabila emosi terpancing dan suasana berubah jadi kacau akan sulit dikendalikan, meskipun pengamanan aparat dalam jumlah besar.

Silaturrahmi Tokoh Ormas bersama Forkopimda Prov Sumbar ini dengan tema Merajut Kembhinnekaan Merawat NKRI.

Tokoh-tokoh di Sumbar yang hadir seperti tokoh adat, agama, pemuda, bundo kandung, mahasiswa, rektor dan politisi. Selain itu, juga hadir Kapolda Sumbar Brigjen Pol Basaruddin, Danrem 032/Wirabraja, Brigjen TNI Bhakti Agus Fadjari, Ketua DPRD Sumbar, Danramil dan Kapolres se Sumbar serta Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Sumbar Gusrizal Gazahar.

Sementara itu, Ketua Umum Majelis Tinggi Kerapatan Adat Alam Minangkabau (MTKAAM) Sumbar Irfianda Abidin mengatakan, saat ini sedang menggalang kekuatan untuk melaksanakan demo ke Jalarta yang direncanakan tanggal 2 Desember 2016.

“Kita dalam seminggu ini road show ke kampus-kampus dan membagi-bagikan formulir,” katanya. (Musthafa Ritonga/@alisakinah73)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.