Senin, 20 Mei 24

Gubernur Khofifah: BLT El Nino dari Presiden Bermanfaat Kuatkan Eonomi

Gubernur Khofifah: BLT El Nino dari Presiden Bermanfaat Kuatkan Eonomi
* Gubernur Jawa Timur (Jatim) Khofifah Indar Parawansa mendampingi Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat kunjungan kerja sekaligus penyaluran BLT El Nino di Banyuwangi, Jatim, Rabu (27/12/2023). (ANTARA/HO-Muchlis Jr Biro Pers Sekretariat Kepresidenan)

Obsessionnews.com – Gubernur Jawa Timur (Jatim) Khofifah Indar Parawansa mengemukakan, Bantuan Langsung Tunai El Nino (BLT El Nino) dari Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) sangat bermanfaat khususnya untuk menguatkan ekonomi dan meningkatkan daya beli masyarakat.

 

Baca juga: Gubernur Khofifah Ungkap Peran Penting Pahlawan Ekonomi Nasional

 

“Terima kasih Pak Presiden atas perhatiannya untuk masyarakat Kabupaten Banyuwangi. Kami berharap bantuan yang diberikan hari ini dapat memperkuat serta meningkatkan daya beli masyarakat. Sekaligus sebagai upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” kata Khofifah di sela mendampingi Presiden Jokowi meninjau penyaluran BLT El Nino, di Kantor Pos Genteng Banyuwangi, Jatim, Rabu (27/12/2023).

Menurut dia, Presiden menyerahkan BLT El Nino kepada 205 penerima manfaat di Kantor Pos Genteng, dan setiap penerima mendapatkan uang tunai senilai Rp400.000 untuk periode November-Desember 2023 atau per bulan Rp200.000, serta paket sembako beras sebanyak 10 kilogram.

Gubernur Khofifah menyampaikan bahwa pemerintah hingga kini terus melakukan sejumlah mitigasi terhadap kemungkinan El Nino yang bisa berdampak pada kesejahteraan masyarakat.

Selain melalui pemberian bantuan sembako dan bantuan pemerintah lainnya, juga melalui kegiatan pasar murah bahan pokok.

Adapun tujuan dari pasar murah selain mendorong daya beli masyarakat, juga sebagai upaya untuk stabilisasi harga kebutuhan bahan pokok.

Semua komoditas di pasar murah dijual dengan harga di bawah rata-rata pasar, sehingga memungkinkan masyarakat mendapatkan sembako murah.

“Karena dikhawatirkan El Nino nanti akan berpengaruh pada ketahanan pangan dan kenaikan harga. Untuk itu kami ingin melakukan penguatan dengan menggencarkan pasar murah dan memberikan bantuan sembako,” kata Khofifah.

Setelah mendapatkan BLT El Nino, katanya lagi, masyarakat bisa membeli beberapa bahan pokok dan komoditas pangan lainnya yang ada di pasar murah yang diselenggarakan Pemprov Jatim.

“Tentunya bahan pokok di pasar murah yang kami gelar, harganya di bawah pasaran,” katanya lagi.

Informasi yang dihimpun, harga sembako yang dijual di pasar murah semuanya di bawah harga eceran tertinggi atau HET, seperti beras SPHP Bulog kemasan 5 kilogram dijual Rp52.000 atau Rp10.400 per kilogram, beras kita premium 5 kilogram dijual Rp60.000 atau Rp 12.000 per kilogram.

Selain itu ada pula telur yang dijual Rp24.000 per kilogram, gula pasir Rp14.000 per kilogram, dan minyak goreng kita Rp13.000 per liter.

Presiden Jokowi menyampaikan, pemberian bantuan kali ini diharapkan membantu masyarakat dalam pemenuhan kebutuhan pokok mereka sehari-hari.

Penyaluran bantuan tersebut akan dilanjutkan oleh pemerintah pada tahun 2024. Tepatnya, untuk bulan Januari, Februari, Maret 2024.

Selain itu Presiden menyebut bahwa bantuan serupa juga akan ditambah untuk periode bulan selanjutnya. (Antara/arh)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.