Sabtu, 21 Mei 22

Gubernur: Izin Pengeboran Lapindo Ada di Menteri ESDM

Gubernur: Izin Pengeboran Lapindo Ada di Menteri ESDM
* Gubernur Jatim Soekarwo.

Surabaya, Obsessionnews – Rencana PT Lapindo Brantas Inc untuk mengebor kembali harus bertepuk sebelah tangan. Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur (Jatim) langsung menanggapi keinginan warga yang melakukan penolakan pengeboran di desa Kedung Banteng, Kecamatan Tanggulangin, Sidoarjo.

Gubernur Jatim Soekarwo mengatakan, Pemprov Jatim sudah mengirim surat ke Kementerian ESDM agar bisa menyikapi keluhan warga tersebut. Mengingat untuk perizinan, Pemprov tidak mempunyai kewenangan.

“Kalau sudah ketemu, baru kemudian seperti apa? Sebelum ada titik temu, saya minta (rencana pengeboran) dihentikan dulu. Tapi ini kewenangannya di Menteri ESDM (Energi Sumber Daya Mineral),” ungkapnya, Sabtu (9/1/2016).

Kata Pak De, panggilan akrab politisi Partai Demokrat ini, kajian untuk keluarnya izin pengeboran merupakan hak Dirjen Pertambangan. Usai dikaji, kemudian disampaikan ke daerah se tempat.

“Itu kewenangan penuh Menteri ESDM, Dirjen Pertambangan. Saya ngirim surat hari ini ke Menteri ESDM, sore ini saya tanda tangani agar diselesaikan probelm sosialnya, dan juga diumumkan keamanannya,” terangnya.

Untuk diketahui, rencana pengeboran PT Lapindo Brantas Inc di desa Kedung Banteng, Kacamatan Tanggulangin, Sidoarjo sudah berlangsung lama. Tapi niat perusahaan milik Aburizal Bakrie ini harus tertunda, lantaran masyarakat menolak. (Rudianto)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.