Selasa, 27 September 22

Gubernur DKI Sebut Aksi 115 Torehkan Sejarah

Gubernur DKI Sebut Aksi 115 Torehkan Sejarah
* Suasana saat menjelang salat Jumat di aksi 115 yang pelaksanaannya di Monas, Jakarta Pusat. (foto: Iwan Lubis)

Jakarta, Obsessionnews.com – Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat, menjadi titik kumpul peserta aksi solidaritas ‘Indonesia Bebaskan Al Quds’ atau disebut juga Aksi 115, Jumat (11/5/2018). Massa terlihat  mengerumuni kawasan salah satu ikon Ibu Kota tersebut.

Peserta Aksi 115 Pembebasan Baitul Maqdis ini selain memenuhi pelataran Monas, mereka juga menunaikan salat Jumat berjemaah di lokasi. Sebagian peserta aksi laki-laki ada yang memanfaatkan penyiraman rumput digunakan untuk mengambil wudhu. Selain itu, panitia aksi 115 juga menyediakan truk air.

Namun, panitia tidak menyediakan sajadah untuk semua peserta salat. Sebagian peserta membawa sendiri sajadah mereka, tapi ada juga yang menggunakan alas tikar yang tadi digunakan saat aksi.

Gubernur DKI jakarta Anies Baswedan juga turut ikut salat berjamaah bersama peserta aksi 115 di Monas. Anies mengatakan kedatangannya dalam aksi ini merupakan bentuk komitmen membantu perjuangan rakyat Palestina.

Sebelum salat Jumat, dia juga sempat menaiki mimbar berorasi. “Peserta Aksi 115 yang berjumlah ratusan ribu telah menorehkan sejarah di lapangan Monumen bersejarah ini,” ujar Anies.

Hal itu karena umat Islam Indonesia telah berkomitmen untuk membela umat islam di Palestina.

Aksi ini telah dimulai sejak salat subuh berjamaah di lapangan Monas dan Masjid Istiqlal dan direncanakan selesai usai salat Jumat pada pukul 13.00 WIB.

Lalu lintas kendaraan di Jalan Medan Merdeka Selatan dan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, juga dialihkan sehubungan dengan adanya aksi massa dari Koalisi Indonesia Bela Baitul Maqdis.

Akibat pengalihan arus lalu lintas itu, terjadi kemacetan di sejumlah titik, seperti kawasan Tugu Tani, Jalan Merdeka Timur depan Stasiun Gambir, kawasan Kebon Sirih, dan beberapa titik lainnya. (Poy)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.