Jumat, 27 Mei 22

Gubernur: BNN Jatim Perkuat Koordinasi

Gubernur: BNN Jatim Perkuat Koordinasi
* PELANTIKAN: ‎Gubernur Jatim Soekarwo menyerahkan petikan surat Keputusan penangkatan KA BNN Prov Jatim kepada Brigjen Pol Drs Sukirman. (obsessionnews.com/Ari Armadianto)

Surabaya, Obsessionnews – Gubernur Jawa Timur Jatim) Soekarwo meminta Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Jawa Timur yang baru, Brigjen Pol. Sukirman agar memperkuat koordinasi dengan instansi vertikal, penegak hukum, pemerintah kabupaten/kota. ‎

“Tujuannya untuk menurunkan prevalensi penyalahguna narkotika secara kuantitatif dan kualitatif di Jatim,” kata Soekarwo ‎ saat Pengambilan Sumpah dan Pelantikan Serah Terima Jabatan Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Jawa Timur di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Rabu (19/8/2015).

Ia mengatakan, upaya memperkuat koordinasi ini untuk menumbuhkan gerakan menurunkan prevalensi penyalahguna narkotika di Jatim. Salah satu bentuk koordinasi yakni bekerjasama dengan tiga pilar trisula yang ada di desa, MoU dengan bupati/walikota se-Jatim untuk gerakan penurunan prevalensi penyalaguna narkotika.

“Koordinasi ini bisa menjadi bentuk pencegahan terhadap penyalahgunaan narkotika di Jatim. Tapi harus berkelanjutan dan semakin diperkuat.

Meningkatnya populasi penyalahguna narkotika membuat pemerintah perlu mengambil langkah yang tepat untuk menurunkan jumlah penyalaguna narkotika.

Hal ini sesuai UU No. 35 Tahun 2009 tentang Narkotika yang mengamanatkan pencegahan, perlindungan, dan penyelamatan bangsa Indonesia dari penyalahguna narkotika, serta menjamin pengaturan upaya rehabilitasi medis dan sosial bagi penyalahguna dan pecandu narkotika.

Berdasarkan data Pusat Penelitian Kesehatan (Puslitkes) UI, diperoleh angka prevalensi penyalahguna narkotika di Jatim mencapai 2,01 persen atau sekitar 568.304 orang dalam usia 10-59 tahun. Seiring dengan tingginya prevalensi penyalahguna narkotika inilah, BNN Prov. Jatim harus memperkuat koordinasi dengan instansi vertical dan  penegak hukum.

Seusai pelantikan, Kepala BNN Prov. Jatim Brigjen Pol Sukirman mengatakan, pihaknya akan memperkuat koordinasi dengan seluruh pihak di kabupaten/kota se-Jatim agar berhasil menurunkan penyalahguna narkotika.

“Setiap daerah memiliki penanganan yang berbeda dalam menurunkan penyalahgunaan narkotika,” tandasnya.

Brigjen Pol Drs. Sukirman dilantik sebagai Kepala BNN Prov. Jatim menggantikan Brigjen Pol Drs. Iwan A. Ibrahim.  Selanjutnya Brigjendpol Iwan A Ibrahim bertugas di BNNP DKI, sedangkan Brigjendpol Sukirman sebelumnya menjabat sebagai Ka BNNP Papua. (GA Semeru)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.