Sabtu, 21 Mei 22

Gubernur Bali I Made Mangku Pastika

Gubernur Bali I Made Mangku Pastika
* I Made Mangku Pastika.

Nama I Made Mangku Pastika menjulang tinggi ketika Markas Besar Polri menunjuknya sebagai Ketua Tim Investigasi Pengungkapan Pelaku Bom Bali yang terjadi di Sari Club dan Paddy’s Club Kuta pada 12 Oktober 2002 lalu. Dan hanya dalam hitungan waktu kurang dari satu bulan, Ia berhasil menangkap pelaku. Ini menjadi sejarah dan prestasi besar di dunia terkait serangan teroris.


Sebelum terjadi peristiwa tersebut tidak banyak orang yang mengenal baik sosok Made Mangku Pastika. Meski menyandang pangkat jenderal bintang dua di jajaran Kepolisian Republik Indonesia dan pernah menduduki jabatan sebagai Kapolda di beberapa daerah, nama putra kelahiran Buleleng ini tidaklah terlalu mentereng.

Atas kinerjanya, Mangku Pastika dianugerahi julukan khusus oleh majalah bertaraf internasional, Time. Ketua Tim Investigasi Bom Bali itu dijuluki sebagai Time’s Asian Newsmaker of the Year, atau yang terjemahan bebasnya sebagai “Pembuat Berita se-Asia Tahun Ini Versi Time.

Karir Mangku Pastika bermula setelah dia lulus dari AKABRI dan menjadi Komandan Peleton 1 Kompi I, Batalyon B, Brimob Polda Metro Jaya. Sejak itu, karir dan jabatannya terus menanjak. Meskipun profesi awal yang dilakoninya adalah sebagai polisi.

Tidak hanya itu saja, persoalan demi persoalan berhasil dia atasi. Termasuk saat dipercaya menjadi Kapolda Nusa Tenggara Timur yang saat itu tengah ada konflik pengungsi Timor Timur di NTT. Dia berhasil menyelesaikan tugasnya di NTT dan setelahnya Mangku Pastika digeser untuk menangani konflik pembunuhan Theys Eluway pada tahun 2000 di Papua sebagai Kapolda di Provinsi Bumi Cenderawasih tersebut. Meski selalu diliputi konflik, namun dia bersyukur karena dapat menyelesaikan tanpa menimbulkan banyak korban.

Rekam jejaknya yang panjang dan sederet prestasi memberikan kepercayaan diri pada Mangku Pastika, dan dia dipercaya oleh masyarakatnya untuk memimpin Bali, Prestasinya itu tidak hanya berhenti disitu saja, Saat menjabat sebagai Gubernur pun penghargaan demi penghargaan didapatnya saat Mangku Pastika meraih penghargaan sebagai Pembina Provinsi Terbaik Satu kategori pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa dalam ajang Anugerah Desa Membangun Indonesia 2015, dan mendapat Penghargaan TripAdvisor Travellers’ Choice Award untuk Bali sebagai World’s Best Destination.

Selain itu Made Mangku Pastika terus memberikan sumbangsih bagi Indonesia dengan terus memperkenalkan pariwisata kepada wisatawan mancanegara yang terdapat di Bali, dan terus mengembangkan pariwisata di Bali guna mendukung target 20 juta wisatawan mancanegara pada 2019. Beberapa program untuk meningkatkan sebaran wisatawan baik domestik maupun mancanegara di semua kabupaten/kota itu semua tidak lain untuk pemerataan kesejahteraan di semua kabupaten/kota, atas usaha Made Mangku Pastika, Bali akan menjadi tuan rumah Pelaksanaan Konferensi Dunia se-Asia Pasifik yang digelar oleh kamar dagang Prancis. Hal tersebut dilakukan menyusul Bali memiliki daya tarik pariwisata yang tidak hanya di Asean saja melainkan juga seluruh dunia khususnya dalam lingkup Asia Pasifik. (Bal)

Artikel ini dalam versi cetak dimuat di Majalah Men’s Obsession edisi Agustus 2017

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.